Rabu 19 Feb 2020 23:00 WIB

Kota Tangsel Jadi Tuan Rumah Apeksi VI

Munas atau Rakernas Apeksi selalu diikuti dengan penyelenggaraan Indonesia City Expo.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Muhammad Fakhruddin
RAKOR APEKSI. Peserta Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesua (APEKSI) 2019 berfoto usai pembukaan rakor di Tangerang, Banten, Kamis (5/12).
Foto: Yogi Ardhi/Republika
RAKOR APEKSI. Peserta Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesua (APEKSI) 2019 berfoto usai pembukaan rakor di Tangerang, Banten, Kamis (5/12).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG SELATAN — Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpilih sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke VI. Tercatat 98 Wali Kota dari berbagai wilayah akan menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam mempersiapkan rangkaian kegiatan tersebut, Pemkot Tangsel mengadakan launching Munas Apeksi yang diselenggarakan di Hotel Santika Bintaro, Tangsel, pada Rabu (19/2).

Gubenur Banten Wahidin Halim, Ketua Dewan Apeksi sekaligus Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Koya Tangsel Benyamin Davnie, menandai launching dengan menekan simbol lima jari sebagai dibukanya penyelenggaran Apeksi. 

Ketua Dewan Apeksi Airin Rachmi Diany menjelaskan, penunjukkan Kota Tangsel sebagai tempat penyelenggara Munas dan Indonesia City Expo berdasarkan Keputusan Rakernas Apeksi Tahun 2019 di Kota Semarang. Telah menjadi tradisi APEKSI setiap diselenggarakan Munas atau Rakernas Apeksi, maka akan selalu diikuti dengan penyelenggaraan Indonesia City Expo.

Indonesia City Expo merupakan gelaran pameran pemerintah kota-kota diseluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Apeksi bekerjasama dengan PT Inmark Communication serta Pemerintah Kota Tangsel tentunya selaku tuan rumah. 

"Melalui Indonesia City Expo ini kita berharap dapat mendorong para pengusaha lokal maupun nasional untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus untuk menampilkan atau mengenalkan berbagai type dan unggulan yang dimiliki,” kata Airin. 

Penyelenggaraan Indonesia City Expo ini merupakan kegiatan yang sangat tepat dan strategis, karena kegiatan ini merupakan salah satu ajang bisnis, promosi, dan informasi produk serta jasa unggulan dari kota-kota anggota Apeksi.

“Sehingga kegiatan ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan ajang atau peluang untuk melaksanakan kerjasama disegala bidang,” jelasnya.

Sementara, tema Munas Apeksi kali ini adalah ”Profesionalisme Aparatur Sipil Negara”. Sebagai tuan rumah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap masyarakat dan Kota Tangerang Selatan dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan Munas ke VI APEKSI 2020 mendatang.

Benyamin mendorong para pengrajin dan pelaku ekonomi kreatif Kota Tangerang Selatan untuk menampilkan dan memamerkan produknya kepada tamu undangan. Sebab Munas akan dihadiri oleh kurang lebih 3000 undangan dari 98 Kota.

"Saya berharap Munas berjalan dengan lancar dan aman. Dalam pelaksanaan Munas akan memberikan dampak positif bagi Kota Tangerang Selatan. Pertama siklus ekonomi kemudian juga kehadiran pagelaran budaya akan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Tangerang Selatan kepada masyarakat luas," ujar Benyamin.

Di samping itu, Gubenur Banten Wahidin Halim, berharap penyelenggaraan Munas berjalan dengan lancar. "Saya berharap suasana dan dinamika di pemkot berjalan normal dengan pelaksanaan kegiatan ini,” ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement