Kamis 20 Feb 2020 02:12 WIB

Hadiri Rakernas, Menpora Teringat Saat Jadi Pramuka

Menpora Zainudin Amali, secara resmi membuka Rakernas Gerakan Pramuka 2020.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Didi Purwadi
Menpora Zainudin Amali
Foto: Republika/Prayogi
Menpora Zainudin Amali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, secara resmi membuka Rakernas Gerakan Pramuka 2020 di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (19/2). Menpora didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh.

Kegiatan tersebut dibuka dengan ditandai pemukulan alat musik tradisional berupa gong. Pada kesempatan ini, Menpora pun mengenang tatkala dirinya aktif dalam gerakan pramuka semasa sekolah.

''Suatu hal yang membanggakan, keaktifan saya di pramuka sejak sekolah. Ketika saya datang ketempat ini dan menggunakan seragam pramuka, saya teringat saat saya menjadi komandan regu siaga,'' kata Menpora. ''Teringat masa lalu adalah hal yang sangat membanggakan.''

Menpora saat itu sempat menjadi pimpinan regu dalam kegiatan pramuka. Baginya, pengalaman tersebut sangat berharga dan membanggakan.

Menpora mengapresiasi kegiatan Rakernas Pramuka dan berharap bisa terus bersinergi serta dipertahankan. Zainudin menyampaikan Kemenpora tengah memfokuskan program pemuda diantaranya pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. 

"Kemudian, kita mendorong penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda. Ini sejalan tentunya dengan gerakan pramuka,'' katanya.

Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso mengatakan, rakernas kali ini mengambil tema peningkatan peran gerakan pramuka dalam bela negara dan penanggulangan bencana. Dia berharap, gerakan pramuka menjadi yang terdepan untuk mengatasi masalah-masalah ujaran kebencian. 

"Gerakan pramuka diharap selalu terdepan membela negara, mampu mengatasi penyebaran berita bohong, hingga soal penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kepedulian sesama, bakti kepada masyarakat, dan ikut berperan menanggulangi bencana," kata Budi.

"Tentu saja kita harus siap bantu. Kemudian, kita berharap gerakan pramuka dapat membantu pendidikan yang mengarah karakter, sehat, jasmani, dan rohani,'' katanya. ''Untuk itu, gerakan pramuka harus diperkuat. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.''

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement