Sabtu 15 Feb 2020 13:56 WIB

Uji Coba Penutupan Malioboro Kembali Dilakukan

Uji coba semipedestrian di Jalan Malioboro akan dilakukan kembali

Uji Coba Jalur Pedestrian Malioboro. Pengunjung menikmati jalur pedestrian di Malioboro, Yogyakarta, Jumat (7/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Uji Coba Jalur Pedestrian Malioboro. Pengunjung menikmati jalur pedestrian di Malioboro, Yogyakarta, Jumat (7/2).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan kembali menggelar uji coba semipedestrian di Jalan Malioboro bersamaan dengan agenda Selasa Wage, pada 18 Februari, namun dengan sedikit perubahan manajemen lalu lintas.

“Untuk uji coba besok, pengguna jalan tidak boleh lagi memotong Jalan Malioboro dari Jalan Suryatmajan ke Jalan Pajeksan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho, Sabtu (15/2)

Kedua ruas jalan di sirip Jalan Malioboro tersebut akan diberlakukan dua arah, atau sama seperti seluruh sirip di ruas Jalan Malioboro lainnya saat uji coba semipedestrian, seperti di Jalan Dagen, Jalan Perwakilan, dan Jalan Sosrowijayan.

Untuk pelaksanaan uji coba semipedestrian di ruas jalan sepanjang 1,4 kilometer tersebut, tetap akan dilakukan selama 12 jam mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Seluruh kendaraan bermotor tidak diperbolehkan melintas, dikecualikan untuk armada Trans Jogja dan kendaraan kegawatdaruratan lain, serta untuk andong dan becak kayuh.

Bagi warga yang tinggal di sepanjang Jalan Malioboro sudah dilengkapi dengan kartu tanda pengenal yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses Jalan Malioboro selama uji coba berlangsung namun warga tetap tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor.

Selain menggelar uji coba semipedestrian yang dilakukan bersamaan dengan agenda Selasa Wage, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga berencana menggelar sejumlah uji coba semipedestrian di luar agenda Selasa Wage.

Setiap Selasa Wage, seluruh pedagang kaki lima (PKL) dan komunitas lain di Jalan Malioboro sepakat untuk tidak beraktivitas selama 24 jam dan mengisi kekosongan waktu tersebut dengan kegiatan gotong royong membersihkan Malioboro.

Uji coba semipedestrian terakhir di luar Selasa Wage telah dilakukan pada 7 Februari. Pada saat itu pengguna jalan masih bisa menerus dari Jalan Suryatmajan ke Jalan Pajeksan dengan memotong Jalan Malioboro.

Penutupan seluruh sirip di Jalan Malioboro tersebut juga ditujukan untuk membiasakan pengguna jalan jika nantinya Malioboro sepenuhnya diberlakukan sebagai kawasan semipedestrian.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga menyiapkan berbagai variasi skenario uji coba di Malioboro sehingga bisa diketahui manajemen lalu lintas terbaik yang bisa diterapkan saat kawasan ini sepenuhnya ditetapkan sebagai semipedestrian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement