Jumat 14 Feb 2020 12:27 WIB

Pendaftaran SNMPTN 2020 Dibuka Hari Ini

Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui peserta saat mendaftar.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dimulai pada hari ini, Jumat (14/2) (Foto: ilustrasi pendaftaran SNMPTN)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dimulai pada hari ini, Jumat (14/2) (Foto: ilustrasi pendaftaran SNMPTN)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dimulai pada hari ini, Jumat (14/2). Pendaftaran akan dibuka mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, dalam pendaftaran terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga

Adapun tahapan pendaftaran yang pertama yakni, siswa melakukan login melalui portal LTMPT di laman portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang dibuat sebelumnya. Siswa kemudian memilih menu pendaftaran SNMPTN.

Selanjutnya, siswa dipersilakan mengisi PTN dan pilihan program studi. Nasih menjelaskan, pilihan paling banyak yakni dua program studi. Adapun alternatif pilihannya yakni memilih dua program studi dalam satu PTN, memilih masing-masing satu program studi dari dua PTN, atau memilih hanya satu program studi pada satu PTN.

"Siswa yang memlih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya, template portofolio sudah tersedia di laman pendaftaran SNMPTN," kata Nasih, Jumat (14/2).

Setelah itu, siswa bisa mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki. Siswa kemudian melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

Apabila diperlukan, maka siswa mengisi data ketunaan. Siswa kemudian memberi tanda centang pada kolom yang tersedia, sebagai tanda menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN.

Tahapan terakhir yakni siswa melakukan finalisasi pendaftaran dan dilanjutkan mencetak kartu tanda pesreta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun. Nasih menegaskan, pendaftaran dinyatakan selesai setelah ssiwa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN.

"Siswa yang tidak melakukan pencetakan kartu tersebut dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada seleksi SNMPTN 2020," kata dia.

Apabila mengalami kendala, LTMPT menyediakan call center yaitu 0804-1-450-450 atau dapat melewati laman halo.ltmpt.ac.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement