Kamis 13 Feb 2020 07:53 WIB

Pelabuhan Patimban Dongkrak Perekonomian

Tata Ruang Jawa Barat sudah mengakomodir kawasan Segitiga Rebana.

Pelabuhan Patimban Dongkrak Perekonomian
Pelabuhan Patimban Dongkrak Perekonomian

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Anggota Komisi IV DPRD Jabar Hasbullah Rahmad mengatakan keberadaan Pelabuhan Patimban diharapkan bisa mengangkat perekonomian di Jawa Barat.

Hasbullah menambahkan, Tata Ruang Jawa Barat sudah mengakomodir kawasan segitiga rebana serta akses kereta dan jalan tol sudah dirancang. ''Mudah-mudahan proses ekspor dan Impor di pelabuhan patimban ini dapat meningkatkan perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jawa Barat,'' kata Hasbullah dalam keterangan yang diterima Republika, Kamis (13/2).

Hasbullah juga mendorong agar Pelabuhan Patimban ini bisa menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan karena terpisah dengan pelabuhan curah kering untuk suplai batubara.

''Nantinya ada pelabuhan curah basah dari pertamina untuk bahan bakar dan ada pelabuhan parkir serta peti kemas,'' paparnya. Ia juga berharap dengan beroperasinya Pelabuhan Patimbab nanti bisa menjadi percepatan pertumbuhan untuk tata ruang Jawa Barat mengembangkan kawasan Industri 2 di wilayah segitiga rebana.

Hasbullah mengatakan nantinya  Pelabuhan Patimban dapat memanfaatkan hasil bumi masyarakat Jawa Barat. ''Jika semula (masyarakat) mungkin kesulitan ekspor, sekarang akan lebih gampang karena pelabuhan ekspornya ada di Jawa Barat,''  katanya. Hasbullah mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat untuk intens berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil peran sektor bisnis yang bisa dilakukan di wilayah Pelabuhan Patimban.ril

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement