Rabu 12 Feb 2020 13:30 WIB

Enam Warga Tertimpa Tiang Rumah, Satu Korban Meninggal

Tiang rumah jatuh saat warga sedang gotong royong membangun rumah panggung.

Enam orang warga Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tertimpa tiang besar saat gotong royong membangun rumah panggung (Foto: ilustrasi jenazah)
Foto: Immortal.org/ca
Enam orang warga Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tertimpa tiang besar saat gotong royong membangun rumah panggung (Foto: ilustrasi jenazah)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Enam orang warga Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, tertimpa tiang besar saat gotong royong membangun rumah panggung. Salah satu korban bahkan meninggal langsung di tempat setelag tertimpa tiang.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, kecelakaan kerja itu terjadi saat warga secara gotong royong membangun rumah panggung. Ia mengatakan di Sulawesi Selatan hampir setiap daerah atau kabupaten dan kota punya tradisi dalam membangun rumah panggung yakni dilakukan secara gotong royong.

Baca Juga

"Ini adalah kecelakaan kerja dan satu dari enam korban dinyatakan meninggal dunia karena tertimpa tiang kayu besar," ujarnya, Selasa (11/2).

Ibrahim mengatakan, saat tiang pertama berhasil didirikan, para warga kemudian beralih ke tiang kedua untuk mendirikannya lagi. Saat warga masih memegang tiang itu, tiba-tiba tiang pertama roboh dan menimpa warga yang sedang mengangkat tiang kedua.

"Kalau korban meninggal dunia sudah dibawa ke rumahnya, sedangkan lima korban lainnya langsung di evakuasi ke RSUD Lakipadada Tana Toraja untuk mendapatkan bantuan medis," katanya.

Pembangunan rumah oleh warga Lingkungan Ratte Lembang To'Pao, Kecamatan Rembon, Tana Toraja itu mulai dilakukan sejak Selasa (11/2) pagi. Sejumlah warga setempat usai sarapan berduyun-duyun ke lokasi pembangunan rumah milik Ilyas Sesa. Namun nahas, tiang rumah pertama berukuran besar yang didirikan justru jatuh dan menimpa pekerja.

Dia menerangkan usai kejadian itu dan dilaporkan ke polres setempat, Kapolres Tana Toraja AKBP Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto langsung ke lokasi kejadian melihat situasi sekaligus menjenguk para korban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement