Selasa 11 Feb 2020 17:20 WIB

Bebas Corona, Menkes: Mereka Boleh Heran, Tapi Itu Kenyataan

Menkes memastikan Indonesia masih berstatus bebas corona, meski ada yang meragukan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan Indonesia masih berstatus bebas corona, meski ada yang meragukan.
Foto: Republika/Putra M Akbar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan Indonesia masih berstatus bebas corona, meski ada yang meragukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan bahwa Indonesia masih terbebas dari penyebaran virus corona tipe baru. Meskipun ada yang meragukan status bebas corona tersebut, namun Terawan meyakinkan kasusnya memang tak ada di Indonesia.

"Mereka boleh heran, tapi itu kan kenyataan. Kalau kenyataan itu mau dianggap mengada-ada gimana. Pemerintah tidak ragu-ragu," ujar Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2). 

Baca Juga

Terawan mengatakan, Indonesia telah memiliki alat deteksi virus corona sejak Desember 2019. Alat deteksi virus corona itupun disebutnya juga telah teruji. Menurutnya, alat tersebut langsung dipesan sejak awal virus tersebut dilaporkan menyebar.

"Kita punya kit untuk pemeriksaan virus corona dan itu sudah teruji. Boleh nanti dilihat sendiri di Balitbangkes," ujar dia.

photo
Petugas medis mengenakan pakaian steril saat akan memasuki Labotarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

WHO pernah meminta agar Indonesia lebih mempersiapkan kemungkinan masuknya wabah virus corona. Sebab, Indonesia hingga kini belum melaporkan satu pun kasus virus corona.

"WHO prihatin Indonesia belum melaporkan satu pun kasus yang dikonfirmasi di negara berpenduduk hampir 270 juta orang ini. Namun, kami diyakinkan oleh otoritas terkait bahwa pengujian laboratorium telah bekerja dengan baik," kata perwakilan WHO di Indonesia, Navaratnasamy Paranietharan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement