Senin 10 Feb 2020 17:12 WIB

2.515 Peserta Hadiri Seleksi CPNS Hari Pertama Tanah Datar

Selain BKN, pihak lain tidak punya hak untuk meluluskan atau menggagalkan peserta.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). (Ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Sebanyak 2.515 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sudah memulai tahapan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) sejak Ahad (9/2) kemarin. Seleksi SKD berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini dilaksanakan di Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang.

"Hari pertama ini diikuti 2.515 peserta yang terbagi ke dalam 5 sesi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Irwandi, Senin (10/2).

Irwandi menyebut, total peserta seleksi CPNS untuk Tanah Datar sebanyak 3.420 orang. Sisanya, 905 orang peserta akan mengikuti ujian hari ini di lokasi yang sama. "Hari ini, ujian hanya dibagi ke dalam dua sesi. Masing-masing satu sesi berdurasi 1 jam 30 menit," katanya.

Irwandi meminta, setiap peserta mempersiapkan diri dengan baik. Selain belajar untuk menambah kemampuan menjawab soal yang diujikan, peserta juga harus memperhatikan segala persyaratan teknis seperti pakaian dan berkas yang harus dibawa saat hari ujian.

Dikatakan Irwandi, hasil seleksi CPNS bergantung kepada kemampuan masing-masing peserta. Test CPNS dilaksanakan dengan ketat dan transparan. Pemda dan pihak lain selain BKN, kata dia, tidak punya hak untuk meluluskan atau menggagalkan peserta.

Masing-masing peserta pun dapat mengukur peluang kelulusan sendiri dengan melihat nilai yang dapat dilihat begitu selesai mengikuti ujian di layar komputer masing-masing.

Irwandi mengatakan, dalam pelaksanaan CAT ini, panitia melibatkan beberapa perangkat daerah. Seperti BKPSDM dibantu Satpol PP, tim medis dan tim pengawasan dari inspektorat.

“Harapan kita ujian berjalan baik dan lancar, dan nanti terpilih CPNS yang berkualitas sesuai komptensi yang kita harapkan sehingga formasi tahun ini bisa menutupi kekurangan yang ada selama ini,” ujar Irwandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement