Jumat 07 Feb 2020 21:52 WIB

Warga Bersyukur Bawang Putih China tak Masuk Lagi ke Padang

Saat ini harga jual bawang putih di pasaran mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Bawang putih
Foto: palmbeachillustrated
Bawang putih

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Harga bawang putih di Sumatera Barat meningkat drastis hampir dua kali lipat dari harga biasanya. Sebelumnya harga bawang putih di Sumbar hanya Rp 28 ribu per kilogram. Saat ini harga jual di pasaran mencapai Rp 50 ribu per kilogram.

Irma salah seorang pedagang di Padang mengatakan kenaikan harga bawang putih wajar mengingat impor bawang putih dari China harus dihentikan karena di negara tersebut sedang mewabah virus corona. Selama ini pasokan bawang putih buat di Sumbar dan daerah lain di Indonesia mengandalkan impor dari Cina.

"Kenaikan harga bawang putih ini, tidak membawa efek bagi pembeli, bahkan mereka sangat bersyukur impor bawang putih dari China tidak masuk ke Padang," kata Irma, Jumat (7/2).

Sementara pengakuan dari Vera yang juga penjual bawang putih di Pasar Raya Padang mengaku mengalami penurunan pembeli karena harga mahal.

"Susah menjualnya karena pembeli heran harganya bisa jadi mahal," ucap Vera.

Tapi Vera berusaha menjelaskan kepada pembeli kalau pasokan bawang putih menurun karena dampak impor dari Cina dihentikan. Vera mengingatkan pembeli bahwa saat ini harus hati-hati dengan komoditi pangan impor dari Cina karena negara tersebut sedang banyak tejangkit virus corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement