Jumat 07 Feb 2020 21:13 WIB

Jumlah Balita Stunting di Solok Turun

Stunting terjadi karena asupan makan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Jumlah Balita Stunting di Solok Turun. Petugas Kesehatan melakukan pemeriksaan stunting anak.
Foto: Antara/Rahmad
Jumlah Balita Stunting di Solok Turun. Petugas Kesehatan melakukan pemeriksaan stunting anak.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatra Barat menyatakan jumlah balita stunting pada 2019 turun dari 1.520 balita pada 2018 menjadi 1.136 balita. "Angka stunting ini signifikan menurun di 2019, jika dihitung satu persen sama dengan 700 balita," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solok, Ambun Kadri melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Peppy Ledy Soffiany, Jumat (7/2).

Ia terus menekan bayi stunting dalam meningkatkan kualitas balita di Solok. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Baca Juga

Pepy menjelaskan pengaruh cukupnya kebutuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan bayi perlu diperhatikan karena ini sangat mempengaruhi perkembangan otak dan pertumbuhan kembang fisik anak kedepannya. "Saat ini, kasus stunting di Solok tergolong rendah merujuk range nasional dengan standar akumulasi stunting 20 persen," ujarnya.

Menurutnya, penurunan angka ini beriringan dengan rutinnya pemberian sosialisasi kepada masyarakat, serta ibu hamil melalui posyandu dan puskesmas. Dalam sosialisasi, Dinkes menyampaikan berbagai faktor yang menyebabkan stunting, gizi, riwayat kehamilan ibu, kekurangan energi kronis pada ibu hamil, sanitasi di sekitar rumah, asap rokok, dan lainnya.

"Dilihat dari faktor penyebab stunting ini, sanitasi penyebab paling besar mempengaruhi stunting ini hingga 60 persen, karena melihat dari kebersihan air, jamban, dan lainnya," ujarnya.

Untuk kawasan Kota Solok, angka stunting paling tinggi terjadi di Kelurahan Tanah Garam sekitarnya. Berbagai upaya dilakukan Dinas kesehatan Kota Solok untuk mencegah stunting dengan menyediakan pos gizi di titik daerah rawan stunting, kemudian kelurahan menggerakkan kelompok Pendukung Asi (KPASI).

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap gizi anak sekolah, Pemkot juga telah mencanangkan Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT–AS) ke setiap sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok pada 2019.

"Dengan pemberian makanan tambahan dapat meningkatkan ketahanan fisik dan kecukupan asupan gizi siswa sekolah, juga untuk pengenalan keamanan pangan pada anak-anak sejak dini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement