Sabtu 08 Feb 2020 03:17 WIB

Petrokimia Gresik Tumbuhkan Minat Bertani Generasi Milenial

Jambore Petani Muda merupakan upaya untuk menumbuhkan minat generasi milenial

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Petani
Foto: wordpress
Petani

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Petrokimia Gresik menggelar acara final "Agrosociopreneur Competition" sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Jambore Petani Muda 3 tahun 2019. Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menyatakan, Jambore Petani Muda merupakan upaya perusahaan untuk menumbuhkan minat generasi milenial terhadap dunia pertanian.

"Peran generasi muda pada sektor ini masih terbilang rendah. Padahal sektor pertanian ini, jika dikelola dengan baik dan benar, tak kalah prospektif dengan sektor lainnya," ujar Rahmad melalui siaran persnya, Jumat (7/2).

 

Menurut Sensus Pertanian 2013, lanjut Rahmad, sekitar 61 persen petani Indonesia telah berusia lebih dari 45 tahun. Minimnya minat generasi milenial dikhawatirkan akan mengancam keberlanjutan pertanian di Indonesia. Maka, Jambore Petani Muda ini menurutnya salah satu solusi konkrit yang dilakukan untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan di Indonesia.

Untuk meningkatkan semangat, Petrokimia Gresik juga menghadirkan petani muda sukses dan inspiratif. Di antaranya adalah alumni Jambore Petani Muda 1 Petrokimia Gresik, Juwita Juju (pelopor petani buah ciplukan), Nur Agis Aulia (pendiri komunitas Banten bangun desa), Andro Tunggul (petani modern hidroponik, Founder Fruitable Farm), dan Edy Lusi (penggagas Kampung Buah Naga Banyuwangi).

"Dari program ini kami melihat bahwa inovasi generasi muda Indonesia di bidang pertanian sangat potensial dan luar biasa. Ini yang perlu kita beri perhatian dan dukung penuh," ujar Rahmad.

Jambore Petani Muda 3 memiliki tiga program utama yang ditujukan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian se-Indonesia. Yaitu program Sahabat Petani Fest, CEO Talk, dan Agrosociopreneur Competition. Adapun 12 PTN yang menjadi tuan rumah program ini, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), serta Universitas Lambung Mangkurat.

Jambore Petani Muda merupakan kegiatan tahunan Petrokimia Gresik untuk mendukung program pemerintah dalam regenerasi petani. Jambore Petani Muda adalah salah satu bentuk komitmen Petrokimia Gresik untuk turut berperan serta dalam pembangunan SDM pertanian dan menegaskan arah kebijakan perusahaan yang berorientasi kepada petani dan pertanian masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement