Kamis 06 Feb 2020 16:04 WIB

Mantan Menkeu JB Sumarlin Meninggal

JB Sumarlin merupakan menteri di era 80-an.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Indira Rezkisari
Mantan Menkeu JB Sumarlin (kiri).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Mantan Menkeu JB Sumarlin (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan era 1980-an, Johannes Baptista (JB) Sumarlin, meninggal dunia pada Kamis (6/2). Berdasarkan penuturan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti, JB Sumarlin meninggal di RS Carolus, Jakarta, pada pukul 14.15 WIB.

Nufransa mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merasa berduka dan kehilangan sosok panutan yang berperan besar bagi perbaikan perekonomian di Indonesia pada akhir 1980-an.  Nufransa menggambarkan JB Sumarlin sebagai sosok yang sangat terkenal dengan Gebrakan Sumarlin berupa Paket Kebijakan Deregulasi di Bidang Moneter, Keuangan dan Perbankan.

Baca Juga

"Kebijakan ini berhasil mengendalikan inflasi saat menjadi Menkeu," ujar Nufransa ketika dihubungi Republika, Kamis.

Atas dedikasinya, Nufransa menjelaskan, almarhum dinobatkan menjadi Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh Euromoney dan tahun 1990 oleh majalah Asia.  "Mudah-mudahan almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya," kata Nufransa.

Menurut rilis yang diterima Republika, jenazah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, Jakarta, pada Selasa pukul 18.00 WIB. Rencananya, JB Sumarlin akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin (10/2).

Selain pernah menjabat sebagai menteri keuangan, JB Sumarlin juga sempat diberikan amanat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Penertiban Aparatur Negara di era Orde Baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement