Rabu 05 Feb 2020 17:40 WIB

Yandri: Zulkifli Hasan tak Pernah Melawan Amien Rais

Yandri mengatakan kongres PAN bukan pertarungan antara Zulkifli melawan Amien Rais.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar pemilihan ketua umum dalam kongres ke-V yang akan digelar ada 10 Februari mendatang di Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketua DPP PAN, Yandri Susanto yakin kontestasi tersebut akan dimenangkan oleh calon ketua umum pejawat, Zulkifli Hasan.

"Iyalah optimis kan, Bang Zul (Zulkifli) diminta bukan mau maju. Dia didaulat oleh pemilik suara," ujar loyalis Zulkifli Hasan itu di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/2).

Baca Juga

Diketahui, ada 590 pemilik suara yang akan memilih ketua umum. Terdiri dari 34 DPW yang memiliki dua hak suara dan 514 DPD yang masing-masing memiliki satu hak suara. Ditambah tiga suara dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, dan Bendahara Umum PAN. Sedangkan sisanya merupakan suara dari sejumlah organisasi sayap partai berlambang matahari itu.

Ia yakin Zulhas dapat meraih suara terbanyak dalam pemilihan nanti. Meski tak menutup kemungkinan bahwa upaya aklamasi mungkin saja terjadi. "Dalam hal permusyawaratan itu atau muktamar atau kongres, selalu saja hal utama itu musyawarah kalau tidak bisa musyawarah lalu voting. Dua-duanya halal," ujar Yandri.

Terkait dukungan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais kepada Mulfachri Harahap, ia menilai hal tersebut merupakan hal yang lumrah. Namun ketua umum ditentukan oleh 590 pemilik suara.

"Bang Zul lawan kan bukan Pak Amien, yang Bang Zul lawan kan Bang Asman, Bang Mulfachri. Bang zul tidak pernah melawan Pak Amien," ujar Yandri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement