Senin 03 Feb 2020 12:42 WIB

Proyek Strategis yang Dibangun BUMD Jaswita Tahun Ini

Jaswita akan membangun hotel bandra dan beberapa resort.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda) pada 2020, ini akan membangun membangun beberapa proyek strategis.  Menurut Direktur Utama Jaswita Jabar, Deni Nurdyana Hadimin, proyek strategis yang akan dibangun tahun ini, di antaranya Hotel Bandara Kertajati di Majalengka, Resort dan Pusat Budaya di Pangandaran, pembangunan kawasan wisata di Ranca Upas Ciwidey, serta cafe dan hotel di Jalan Ambon Kota Bandung.

"Selain itu, kami pun melakukan penyelesaian perjanjian kerja sama Grand Hotel Preanger yang berlokasi di Jalan Asia Afrika Nomor 81, Kota Bandung," ujar Deni, Ahad malam (2/1).

Baca Juga

Upaya penyelesaian kerjasama ini sejalan dengan visi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Barat. Sebagai BUMD yang bergerak di bidang jasa dan Kepariwisataan, Jaswita Jabar telah diamanahkan oleh Gubernur Jabar untuk mampu mengelola aset-aset strategis milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penyelesaian perjanjian kerja sama ini, kata Deni, dilakukan karena telah ditentukan berakhir pada 2 Februari 2020. Jaswita Jabar, memutuskan untuk mengelola Grand Hotel Preanger.

Sebagai tindak lanjut dari penyelesaian kerja sama ini, kata dia, PT Bina Inti Dinamika masih diberi waktu untuk membereskan masalah internal. Serta, membantu proses audit yang akan dilakukan oleh lembaga independen atau BPKP serta memberikan alih pengetahuan kepada tim Jaswita.

Penyelesaian kerja sama ini, kata dia, sejalan dengan visi Pemprov Jabar yang menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan. "Jaswita Jabar ikut mendukung dengan cara terjun langsung ke industri perhotelan agar bisa berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Deni.

Deni mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada PT Bina Inti Dinamika atas kerjasama selama 30 tahun serta upaya PT BID menjadi Grand Hotel Preanger sebagai salah satu simbol dan daya tarik pariwisata di Jabar.

Jaswita Jabar, kata dia, memiliki beberapa hotel yang dikerjasamakan dengan mitra-mitra strategis. Di antaranya Hotel Aryaduta Bandung, Hotel Salak Heritage Bogor, dan Hotel Perdana Wisata Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement