Ahad 02 Feb 2020 17:39 WIB

Pengiriman Smartphone Global akan Terpengaruh Virus Corona

Meluasnya wabah virus corona menghambat pasokan dan manufaktur smartphone global.

Red: Nur Aini
Karyawan menata Handphone/Smartphone disalah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4).
Foto: Republika/Prayogi
Karyawan menata Handphone/Smartphone disalah satu gerai di Jakarta, Kamis (7/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pengiriman smartphone secara global diprediksi menurun 2 persen dari yang diperkirakan tahun ini. Hal itu terjadi karena meluasnya wabah virus corona, yang diyakini bakal menghambat pasokan dan manufaktur.

Menurut lembaga riset pasar Strategy Analytics, sebagaimana dilaporkan Yonhap, Ahad (2/2), bahwa wabah virus corona akan memengaruhi ekonomi China dan global. Hal itu pada gilirannya akan berdampak buruk pada pengiriman smartphone global karena ekonomi yang lambat dan belanja konsumen yang lemah.

Baca Juga

Penyebaran virus tersebut juga akan berdampak pada pasokan dan manufaktur smartphone global di China. Hal itu mengingat negara dengan ekonomi terbaik kedua di dunia itu memproduksi 70 persen dari seluruh ponsel pintar yang dijual di dunia.

Untuk China, pengiriman smartphone diprediksi 5 persen lebih rendah dari yang diperkirakan tahun ini karena wabah virus corona. Strategy Analytics menambahkan penundaan operasional pabrik, baik karena karantina maupun pembatasan perjalanan bisnis, sementara waktu ini akan menyebabkan kurangnya pasokan tenaga kerja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement