Sabtu 01 Feb 2020 19:34 WIB

Bandara Sentani akan Dipasang Thermal Scanner

Pemasangan Thermal Scanner untuk mengantisipasi virus corona.

Penumpang turun dari pesawat perintis di Bandara Sentani, Jayapura, Papua (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Penumpang turun dari pesawat perintis di Bandara Sentani, Jayapura, Papua (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harold Pical mengakui untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, dalam waktu dekat akan dipasang thermal scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia di ruang kedatangan Bandara Sentani. Alatnya masih dalam perjalanan dari Jakarta.

Setibanya di Jayapura alat itu akan langsung dipasang di bandara. "Sambil menunggu tiba dan dipasangnya alat tersebut petugas KKP melakukan pendeteksian dengan menggunakan thermometer infrared," kata Pical di Jayapura, Sabtu (1/2).

Baca Juga

Menurutnya, selain akan memasang thermal scanner, pihaknya juga akan meminta ruang khusus ke pihak bandara sehingga selain dipasang thermal scanner juga ada ruangan khusus yang bertekanan negatif.

Ruangan itu untuk merawat penumpang yang tersuspect virus sebelum dibawa ke rumah sakit yang ditunjuk yakni RSUD Dok 2 Jayapura. "Bandara Sentani sendiri hingga kini hanya melayani penerbangan dalam negeri," ujar Pical seraya menambahkan.

Alat serupa sudah dipasang di kedatangan PLBN Skouw. sehingga WNA maupun WNI yang dari Papua Nuginiharus melintasi alat tersebut. "KKP Jayapura membawahi lima pelabuhan yakni Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Sarmi, Bandara Sentani, Bandara Wamena dan PLBN Skouw," kata Pical.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement