Kamis 30 Jan 2020 20:42 WIB

Pemkot Surabaya Kirim Bantuan ke Kabupaten Bondowoso

Bantuan dikirimkan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Bondowoso.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita
Warga berada di depan rumah yang terkena banjir bandang di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).
Foto: Antara/Seno
Warga berada di depan rumah yang terkena banjir bandang di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengirim bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bantuan dikirimkan setelah melakukan koordinasi dengan jajaran setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, bantuan yang dikirimkan adalah satu truk sembako. Truk itu berisi 1 ton beras, 100 kardus mie instan, dan 150 pack abon sapi.

Baca Juga

"Bantuan itu sudah berangkat sejak tadi pagi sekitar pukul 11.00 WIB dan kabarnya sudah hampir tiba, karena memang jalan sempat tidak bisa dilalui,” kata Eddy di Surabaya, Kamis (30/1).

Eddy menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi, yang paling dibutuhkan di lokasi bencana adalah sembako atau makanan, karena ada sekitar 300 keluarga yang sedang mengungsi akibat banjir bandang tersebut. Ratusan KK itu berasal dari dua desa, yakni Desa Sempol dan Desa Kalisat.

Saat ini, kata Eddy, Pemkot Surabaya masih menunggu kondisi di lapangan terlebih dahulu. Jika dibutuhkan, tidak menutup kemungkinan akan mengirimkan kembali bantuan ke lokasi bencana.

“Jika memang dibutuhkan, kami juga siap mengirimkan personil ke sana,” ujar Eddy.

Eddy memastikan, bantuan itu berasal dari sumbangan warga Kota Surabaya dan juga jajaran Pemkot Surabaya. Eddy menyatakan, pihaknya selalu berupaya mengumpulkan bantuan serupa, apabila ada bencana di berbagai daerah di tanah air ini.

“Kami sudah biasa dan rutin membantu korban bencana semacam ini. Semoga bantuan ini bisa sedikit membantu meringankan korban bencana banjir bandang di Bondowoso,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement