Kamis 30 Jan 2020 11:21 WIB

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Kenalkan Rancangan Ibu Kota

Saat ini pemerintah masih mendetilkan rencana pemindahan ibu kota baru.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Pemindahan ibu kota
Foto: twitter @jokowi
Pemindahan ibu kota

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenalkan rancangan ibu kota baru di Kalimantan Timur kepada masyarakat saat menghadiri perayaan Imlek nasional di ICE BSD, Kota Tangerang Selatan, Kamis (30/1).

Jokowi mengatakan, saat ini pemerintah masih mendetilkan rencana pemindahan ibu kota baru. Diharapkan, proses pembuatan undang-undangnya pun juga dapat selesai pada Juni nanti.

"Saya kira semuanya tau bahwa kita sudah memutuskan untuk memindah ibu kota. Sekarang ini dalam proses mendetilkan lagi perencanaannya dan membuat UU. Dalam prosesnya kita harapkan nanti bulan Juni sudah selesai," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemerintah tak ingin hanya memindahkan lokasi ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Namun juga akan merombak total sistem budaya kerja yang selama ini dilakukan.

"Yang ingin kita pindahkan sebuah budaya kerja yang baru, budaya cepat yang tadi saya sampaikan, kultur kerja yang cepat, membangun sistem yang baru sehingga sebelum orang pindah ke sana sudah diinstall sebuah sistem," jelasnya.

Dengan budaya kerja yang baru ini diharapkan kerja pemerintah dapat lebih cepat sehingga dapat memenangkan persaingan antarnegara.

Selain itu, menurut Jokowi, pembangunan ibu kota baru nanti juga akan ramah terhadap lingkungan. Kendaraan yang akan digunakan pun dirancang dengan kendaraan listrik dan kendaraan otonom.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement