Kamis 30 Jan 2020 00:55 WIB

Tol Manado-Bitung Direncanakan Beroperasi Februari

Tol Manado-Bitung sudah beberapa kali difungsionalkan

Rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo melintasi jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Rangkaian kendaraan Presiden Joko Widodo melintasi jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara, Jumat (5/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado, Triono Junoasmono mengatakan, operasional tol Manado-Bitung direncanakan pada bulan Februari 2020. Apabila dioperasikan, sebut dia, diperkirakan lintasan tol yang akan digunakan sepanjang 20 kilometer dari panjang bentangan seluruhnya 39,9 kilometer.

"Masih menunggu jadwal pak Presiden untuk meresmikannya," kata Triono di Manado, Rabu (29/1).

Baca Juga

Pengguna dari arah Manado menuju Bitung masuk melalui gerbang tol Manado yang ada di jalur Manado Outer Ring Road (MORR III) dan keluar melalui gerbang tol Kauditan, begitu sebaliknya. Pengendara dapat juga keluar melalui gerbang tol Airmadidi apabila ingin mengakses wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan sekitarnya.

Dia optimistis ketika tol ini dioperasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, memperlancar arus transportasi logistik serta pengembangan ekonomi wilayah.

Sebelumnya, pasca kunjungan Komisi V DPR-RI pada akhir Desember 2019 lalu, direncanakan tol yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara itu akan dioperasikan pada akhir Januari ini. Tol ini sudah beberapa kali difungsionalkan menjelang dan sesudah perayaan Idul Fitri serta natal dan tahun baru.

Rata-rata kendaraan yang melintas di tol terpanjang di Sulawesi itu pada hari raya keagamaan di atas empat ribuan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement