Rabu 29 Jan 2020 18:01 WIB

Waspada Virus Corona, Ini Imbauan PCIM Taiwan

Hingga kini virus corona telah menjangkiti 4.585 orang, 106 orang meninggal.

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Waspada Virus Corona, Ini Imbauan PCIM Taiwan
Waspada Virus Corona, Ini Imbauan PCIM Taiwan

TAIPEI, Suara Muhammadiyah -- Sebagai bentuk kewaspadaan dan ikhtiar dalam menjaga kesehatan dari serangan virus corona, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan melalui surat seruan mengimbau kepada seluruh warga Persyarikatan Muhammadiyah yang akan berkunjung atau berpergian dari dan ke Taiwan untuk mengikuti instruksi dari pemerintah setempat maupun pihak yang berwajib.

“Hingga sekarang virus yang dikenal dengan nama 2019-nCoV itu telah menjakiti 4.585 orang dan menewaskan 106 orang di seluruh dunia. Sedangkan kasus di Taiwan, sebanyak 5 orang telah tertular dan belum ada korban yang meninggal,” terang Ketua PCIM Taiwan Andi Azhar PhD (Cand) dalam keterangannya, Rabu (28/1).

Untuk menghadapi Virus Corona, Pemerintah Taiwan telah mendirikan pusat pengendalian penyakit di setiap titik yang dianggap memiliki potensi penularan. Pemerintah Taiwan mengimbau untuk memperhatikan tiga hal ketika tiba di Taiwan, tidak terkecuali PCIM Taiwan.

Pertama jika menderita demam, batuk, atau sesak nafas saat tiba di terminal kedatangan di seluruh bandar udara di Taiwan, diharapkan untuk segera melapor ke kantor karantina bandara. Kedua jika gejala demam, batu, dan sesak nafas belum mereda dalam kurun waktu 14 hari setelah memasuki wilayah Taiwan, diharapkan segera menghubungi Hotline 1922 (Taiwan Centers for Disease Control) untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Terakhir, memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada dokter atau petugas kesehatan tentang riwayat perjalanan, kontak fisik, dan titik lokasi yang telah dikunjungi. Jika secara sengaja tidak menginformasikannya, akan dikenakan denda paling besar 150.000 NTD atau sekitar Rp 68 juta.

Di akhir surat seruan, PCIM Taiwan mengajak seluruh warga persyarikatan untuk mencegah tersebarnya Virus Corona dengan melakukan cuci tangan secara rutin dengan sabun anti-septic, menggunakan masker saat mengidap batuk, dan selalu mengganti pakaian serta mandi saat tiba di tempat tinggal. (diko/Riz)

PCIM Taiwan Virus Corona (1)

PCIM Taiwan Virus Corona (2)

PCIM Taiwan Virus Corona (3)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement