Sabtu 25 Jan 2020 06:19 WIB

SPPOI-Eminence Jadi Pilihan Atlet Profesional

SPPOI-Eminence juga melayani manajemen cedera olahraga dan employee wellness

pesepakbola asal Brasil yang merupakan pemain terbaik Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019, Renan da Silva saat melakukan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI-Eminence.
Foto: Istimewa
pesepakbola asal Brasil yang merupakan pemain terbaik Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019, Renan da Silva saat melakukan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI-Eminence.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sentra Peningkatan Performa Olahraga Indonesia (SPPOI) Eminence di Menara Mandiri Arcade Jalan Sudirman, telah menjadi pilihan bagi para atlet profesional untuk melakukan Pre Competition Medical Assesment. Baik atlet profesional asing maupun nasional.

Belum lama ini, pesepakbola asal Brasil yang merupakan pemain terbaik Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2019, Renan da Silva juga melakukan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI-Eminence. Silva menjalani Medical Assesment menyusul kepindahannya dari Borneo FC ke Bhayangkara FC.

“Benar belum lama ini Renan da Silva (sebagai pemain baru Bhayangkara FC) menjalani Pre Competition Medical Assesment di SPPOI Eminence.  Sebelumnya, Pre Competition Medical Assesment yang sama juga diterapkan kepada pemain yang akan tampil di IBL (Indonesia Basketball League) 2020 khusus kepada para pemain asingnya,” kata Direktur SPPOI-Eminence, dr. Andi Kurniawan Sp.KO, Jumat (24/1).

Dalam Pre Competition Medical Assesment antara lain dilakukan screeninng cardiovasculer untuk mengetahui apakah seorang atlet memiliki masalah jatung atau tidak, atau memiliki risiko kematian saat dia berkompetisi atau tidak. Yang dilakukan di tahap ini adalah pemerikasaan elektrokardiogram (EKG).

“Kita juga melakukan speedometri, untuk megukur fungsi pernafasan (paru-paru), pemeriksaan sendi otot apakah ada yang cedera atau tidak, riwayat cedera atau tidak,” jelas dr. Andi.

Kemudian yang terakhir dalam Pre Competition Medical Assesment, lanjut dr. Andi, adalah test performace yaitu VO2Max untuk mengetahui level kodisi fisik, apakah ready berkompetisi atau tidak.

Terkait layanan Pre Competition Medical Assesment di SPPOI-Eminence, dr. Andi menjelaskan bahwa SPPOI-Eminence memiliki  peralatan yang memadai untuk melakukan pemeriksaan atau uji kelayakan medis sebelum seorang atlet berlaga di sebuah pertandingan/kompetisi. Sehingga ada tantangan bagaimana SPPOI-Eminence menjadi tempat yang bisa digunakan oleh semua atlet nasional dalam melakukan pemeriksaan tersebut.

SPPOI-Eminence yang mulai beroperasi pertengahan 2019, merupakan usaha keolahragaan bentukan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora. Selain Pre Competition Medical Assesment, SPPOI-Eminence menyediakan layanan manajemen cedera olahraga, employee wellness dan corporat membership, medical fitness programs, dll.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement