Kamis 23 Jan 2020 10:53 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Pasar Induk Rp 85 Ribu per Kg

Pasokan cabai rawit merah mengalami kelangkaan.

Harga Cabai Rawit Merah di Pasar Induk Rp 85 Ribu per Kg. Pedagang menata cabai rawit merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Harga Cabai Rawit Merah di Pasar Induk Rp 85 Ribu per Kg. Pedagang menata cabai rawit merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kenaikan harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur dipicu kelangkaan pasokan dari daerah penghasil. "Untuk harga yang cukup tinggi hanya jenis rawit merah saja, itu karena memang harga perolehan dari daerah sudah tinggi dan kelangkaan akan cabe jenis rawit merah itu sendiri," ujar Kepala Pasar Induk Kramat Jati Agus Lamun, Kamis pagi (23/1).

Pasokan komoditas cabai di Pasar Induk Kramat Jati sebagian besar datang dari beberapa daerah penghasil di Pulau Jawa. Cabai rawit merah di kalangan pedagang Pasar Induk Kramat Jati dijual seharga Rp 85 ribu per kilogram atau naik dari harga normal Rp 15 ribu sampai Rp 22 ribu per kilogram.

Baca Juga

Kenaikan harga cabai rawit merah tidak hanya dikeluhkan pedagang, namun juga konsumen. "Omzet jualan turun setengahnya sejak awal pekan ini," kata Ombot (47 tahun) pedagang cabai di blok sayur mayur Pasar Kramat Jati.

Konsumen dari kalangan pedagang masakan Padang, Ricky Fachiroz, mengatakan harga cabai rawit merah yang relatif tinggi membuatnya beralih pada jenis cabai merah keriting. "Kebetulan harganya masih wajar. Mungkin cuma sedikit mengurangi rasa pedas di masakan saja," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement