Selasa 21 Jan 2020 21:08 WIB

Cuaca Ekstrem Buat Satu Rumah di Sukabumi Rusak Berat

Peristiwa rumah nyaris roboh ini tepatnya terjadi di Kampung Babakan di RT 03 RW 01.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Israr Itah
Cuaca ekstrem (ilustrasi). Kondisi cuaca ekstrem di Kota Sukabumi menyebabkan sebuah rumah mengalami kerusakan berat.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cuaca ekstrem (ilustrasi). Kondisi cuaca ekstrem di Kota Sukabumi menyebabkan sebuah rumah mengalami kerusakan berat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kondisi cuaca ekstrem di Kota Sukabumi menyebabkan sebuah rumah mengalami kerusakan berat, Selasa (21/1). Peristiwa rumah nyaris roboh ini tepatnya terjadi di Kampung Babakan di RT 03 RW 01, Kelurahan Subang Jaya, Kecamatan Cikole.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, peristiwa rusaknya rumah yang berukuran 10,5 x 6 meter persegi ini menimpa keluarga Ujang Syarif Hidayat (46 tahun).

Baca Juga

"Peristiwa terjadi karena rangkaian faktor cuaca ekstrem berupa hujan yang mengguyur secara terus menerus dari Senin (20/1) sore hingga malam," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, kepada wartawan, Selasa (21/1).

Bangunan terhitung sudah masuk tidak layak karena usia dan bahan bangunan yang mudah lapuk. Kondisi tersebut mendorong terjadinya peristiwa ini.

Rumah tersebut sehari-harinya diisi oleh dua ornag. Kondisinya saat ini bergeser. Rumah bergerak condong ke kiri atau selatan dan tidak layak dan aman dijadikan tempat tinggal.

Setelah mendapatkan informasi itu lanjut Zulkarnain, Selasa, petugas BPBD dan aparat setempat dari kelurahan bergerak melakukan pengecekan, pendataan dan tindakan awal membantu mengungsikan korban ke Masjid Nur Muhammad yang dekat dengan tempat tinggalnya. "Untuk sementara waktu dengan tujuan mengantisipasi agar tidak terjadi pergerakan susulan yang dapat membayakan," kata dia.

Zulkarnain mengatakan, diperlukan bantuan kebutuhan dasar seperti logistik dalam layanan kepada korban. Selain itu upaya perbaikan terhadap rumah yang rusak tersebut segera untuk bisa ditinggali kembali seperti sedia kala.

Sebelumnya, BPBD Kota Sukabumi mengingatkan warga mengantisipasi bencana cuaca ekstrem akibat derasnya intensitas hujan. Langkah ini untuk menekan timbulnya korban jiwa atau kerugian materiel akibat bencana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement