Senin 20 Jan 2020 20:00 WIB

Lansia Kelurahan Duser Dibekali Pelatihan Kerajinan Tangan

Lansia diharapkan tetap produktif di usia senja.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Lansia (ilustrasi).
Foto: ABC
Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Upaya mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Ramah Lanjut Usia (Lansia) ikut digalakan di Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Salah satunya dengan memberikan pelatihan kerajinan tangan untuk Lansia agar tetap produktif di usia senja.

"Aktivitas pelatihan ini sangat bermanfaat, karena berkaitan dengan penggunaan tangan. Dengan menggerakkan kedua tangan, berarti kita sedang menggunakan kedua belah sisi otak secara bersamaan. Merajut sebagai salah satu cara terbaik guna mengaktifkan fungsi otak yang dibutuhkan oleh Lansia," ujar Lurah Duser, Suhendar dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (20/1).

Baca Juga

Dia menambahkan, pelatihan keterampilan yang diberikan cukup beragam. Mulai dari  membuat bros, bunga, hingga keterampilan tangan lainnya.  "Selain Lansia, pelatihan ini juga diikuti oleh remaja. Dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang," ucap Suhendar.

Menurut Suhendar, meskipun peserta pelatihan sebagian besar berusia lanjut, tetapi semangat belajarnya tetap tinggi. Hal tersebut terlihat dari hasil kerajinannya yang tidak kalah dengan peserta usia produktif. 

"Meskipun sudah usia lanjut, namun sebenarnya tergantung bakatnya. Jika memang sudah bakat, maka tidak mungkin hasilnya buruk.  Hasilnya tidak kalah dengan yang masih usia produktif," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement