Senin 20 Jan 2020 16:18 WIB

Berbagi Manfaat untuk Korban Banjir Jabodetabek

Gemilang Indonesia bersama Komunitas Tangan di Atas dan lainnya bantu warga.

Gemilang Indonesia bersama LIPIA Peduli, Komunitas Tangan di Atas, dan komunitas  Muda Berbagi Kebaikan mengajak #TemanBerbagiKebaikan untuk ikut serta dalam membantu meringankan beban warga yang terkena banjir dengan menyalurkan beberapa paket bantuan.
Foto: Gemilang Indonesia
Gemilang Indonesia bersama LIPIA Peduli, Komunitas Tangan di Atas, dan komunitas Muda Berbagi Kebaikan mengajak #TemanBerbagiKebaikan untuk ikut serta dalam membantu meringankan beban warga yang terkena banjir dengan menyalurkan beberapa paket bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras mengguyur Jabodetabek yang mengakibatkan banjir di beberapa daerah pada Selasa (1/1) pagi. Banjir juga merendam kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ada delapan RT yang terdampak banjir di kawasan ini.

"Terdampak ada delapan RT," kata Ketua RW 06 Jatipadang, Arief Syarifuddin, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Air merendam rumah warga sejak pagi dini hari. Ketinggian air bervariasi mulai dari 40 sentimeter sampai satu meter lebih sehingga banyak warga yang memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Gemilang Indonesia bersama LIPIA Peduli, Komunitas Tangan di Atas, dan komunitas  Muda Berbagi Kebaikan mengajak #TemanBerbagiKebaikan untuk ikut serta dalam membantu meringankan beban warga yang terkena banjir dengan menyalurkan beberapa paket bantuan. Paket bantuan tersebut berupa sembako, makanan dan minuman, keperluan bayi, peralatan kebersihan, serta  pakaian layak pakai dan pakaian dalam.

Paket bantuan tersebut kami salurkan ke 10 titik lokasi, yaitu Masjid Al-Furqon Wiraguna, Ketapang dan Jl. Jatipadang 3 di Kel. Jatipadang Pasar Minggu Jakarta Selatan; Mahasiswa LIPIA daerah Jakarta Selatan; Cilandak, Kemang, Condet Ciliwung, Cawang, Perumahan Pondok Hijau Permai Kota Bekasi serta perkampungan Manggarai.

photo
Gemilang Indonesia bersama LIPIA Peduli, Komunitas Tangan di Atas, dan komunitas Muda Berbagi Kebaikan mengajak #TemanBerbagiKebaikan untuk ikut serta dalam membantu meringankan beban warga yang terkena banjir dengan menyalurkan beberapa paket bantuan.

Saat menyalurkan 300 nasi bungkus dan alat kebersihan di perkampungan Manggarai, Jakarta Selatan, tim Gemilang Indonesia dan Komunitas Tangan di Atas berkesempatan untuk berkunjung dan berdiskusi langsung dengan para warga. Pemukiman warga di RT 1, 4 dan 10 Kel. Manggarai ini cukup padat.

Ada sekitar 5.000-6.000 penduduk yang tinggal di sana sehingga rumah berdempetan. Saat terjadi banjir, barang-barang warga terbawa arus air bahkan beberapa rumah warga pun hancur tak tersisa. Walau air sudah surut, warga harus berbenah rumah dari lumpur yang menumpuk di rumah warga akibat air banjir yang merendam rumah mereka.

Selain menyalurkan bantuan sembako, makanan, dan keperluan lainnya; Gemilang Indonesia juga berbagi pakaian gratis untuk korban banjir melalui program “CFC BERBAGI”.

CFC membagikan pakaian gratis selama 2 hari pada 5-6 Januari 2020 dengan mengajak warga untuk langsung datang ke CFC Store. Di CFC Store mereka bisa memilih pakaian sesuai kebutuhan mereka sendiri dengan jatah maksimal 5 helai pakaian per orang.

Tidak disangka, banyak sekali warga yang antusias dengan “CFC BERBAGI” ini. Terhitung selama 2 hari ada sekitar 585 orang mengunjungi CFC Store dan 2.925 pakaian yang sudah tersalurkan. Selain itu, ada 16 komunitas yang bekerja sama dengan CFC BERBAGI. Mereka datang ke CFC Store untuk mengambil sejumlah pakaian dan disalurkan kembali ke beberapa titik lokasi banjir untuk dibagikan kepada warga sekitar.

"Tentu saja kami sangat senang karena melalui CFC BERBAGI ini Gemilang Indonesia dan Clothes For Charity bisa berbagi manfaat untuk korban banjir Jabodetabek,"ungkap Gemilang Indonesia dalam siaran pers.

Perlu diketahui, CFC (Clothes For Charity) adalah salah satu program donasi Gemilang Indonesia dengan mendonasikan pakaian layak pakai dan pakaian tersebut akan dijual kembali di CFC Store. Hasil penjualan dialokasikan untuk pendidikan anak-anak pemulung, yatim dan dhuafa binaan Gemilang Indonesia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement