Jumat 17 Jan 2020 15:14 WIB

Sistem Kelistrikan di Ibu Kota Baru yang Terbaik di Dunia

Grand design ibu kota baru sudah ada dan masih terus dikembangkan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Peta infrastruktur digital di ibu kota baru.
Foto: telkom
Peta infrastruktur digital di ibu kota baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) akan memastikan sistem kelistrikan di ibu kota baru menggunakan sumber energi terbaik yang ada di dunia. Semua kendaraan yang akan beredar di sana harus bertenaga listrik dan ramah lingkungan.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan grand design ibu kota baru sudah ada dan masih terus dikembangkan. Menurutnya, sumber energi di sana akan menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Baca Juga

"Ibukota baru ini sedang kita siapkan, akan sangat keren ini, akan kita gunakan sistem kelistrikan terbaik di dunia," katanya dalam Ngobrol Pagi BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1).

Ia menyampaikan kolaborasi menjadi kunci dari lahirnya ibu kota baru yang berdasar pada pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Ibu kota baru akan dibuat berdasarkan dengan karakteristik aslinya, tetap hijau dan asri.

Sehingga semua kendaraan harus kendaraan listrik dan ramah lingkungan. Presiden Joko Widodo pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020, pada Kamis (16/1), juga sempat menayangkan video gambaran besar ibu kota baru.

Video tersebut menunjukkan daerah yang berbukit-bukit dan hijau, dipadukan dengan bangunan modern yang mengikuti lanskap perbukitan. Jalanannya lengang dan diisi oleh kendaraan listrik. Pedestrian yang luas dibuat teduh. "Semuanya di sana harus mobil listrik," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement