Ahad 12 Jan 2020 14:21 WIB

Viva Yoga: Kongres PAN Digelar Pertengahan Februari

Waketum PAN Viva Yoga mengatakan kongres PAN akan digelar pertengahan Februari.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
Viva Yoga Mauladi.
Foto: DPR
Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut Kongres PAN bakal digelar Februari 2020 mendatang. Salah satu agenda yang bakal digelar dalam kongres tersebut yakni pemilihan ketua umum PAN.

"Kongres nanti Februari, pertengahan lah," kata Viva Yoga saat berbincang dengan wartawan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Namun, ia tidak menyebutkan lokasi Kongres tersebut.

Baca Juga

Viva Yoga menyampaikan, pada dasarnya, Kongres tersebut akan menghadirkan untuk adu ide atau gagasan dari tokoh-tokoh di internal PAN. Ia menjamin, kongres tersebut akan menghadirkan prinsip demokratis.

Viva Yoga juga mengakui adanya dinamika yang terjadi menjelang penentuan waktu dan tempat kongres. Sejumlah pihak menyebut Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan 'membawa kabur' palu dalam penentuan susunan panitia kongres. Viva Yoga pun menilai dinamika itu menjadi bagian demokrasi.

"Prinsip semacam itu sudah menjadi wacana internal. Kalau ada yang ramai di pemneritaan itu adalah bagian dinamika demokrasi," ujarnya.

Sebelumnya, secara terpisah, Panwil DPP PAN Abdul Muttalib Tuanaya menukai, Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (Rakernas PAN) dianggap gagal memutuskan kepanitiaan untuk kongres itu.

"Pascarapat waktu palu dibawa kabur Zulkifli Hasan, sehingga sampai hari ini belum jelas susunan SC (Steering Committe) dan OC (Organizing Committe). Maka tidak jelas sampai hari ini," ujar Abdul saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (10/1).

Selain itu, hingga saat ini juga belum diputuskan tempat dan jadwal kongres pemilihan ketum PAN baru. Abdul Muttalib melanjutkan, agar situasi tidak memanas, ia menyarankan agar Zulkifli Hasan dan Eddy Soeparno selaku sekjen partai untuk menjadikan  AD/ART sebagai pijakan. 

Karena bagaimanapun juga, kata Abdul Muttalib, proses persiapan Kongres V PAN harus tetap mengacu pada asas keadilan dan akuntabilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement