Ahad 12 Jan 2020 13:37 WIB

Waspada Banjir Bengawan Solo, Alat Pendetesi Dini Dijaga

EWS jadi salah satu andalan warga di kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

Pengecekan EWS banjir di Jembatan Bacem. Dok. Pendim 0726

 

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah persiapan dan antisipasi sudah dilakukan pihak terkait dan warga untuk menghadapi bencana alam banjir di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya.

Salah satunya alat yang harus dicek kesiapannya adalah alat pendeteksi dini banjir atau early warning system (EWS). Koramil 09/Grogol dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Kurniawan EWS yang terletak di dekat Jembatan Bacem.

EWS menjadi salah satu andalan warga yang tinggal di kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo. Karena kerja alat ini memang memberikan alarm apabila air terus naik. Warga akan bersiap kapan akan mengungsi atau tetap bertahan di rumah.

Danramil setelah melaksanakan pengecekan mengatakan, saat ini kondisi EWS berfungsi normal. Sehingga sangat membantu memberi peringatan bagi warga sejak dini sebelum air masuk ke dalam permukiman. 

"Kondisi EWS berfungsi normal, alat tidak mengalami kerusakan. Kami tetap berkoordinasi dengan pihak terkait tentang kesiapan dalam menghadapi bencana banjir," jelas Danramil. 

Sumadi warga Arak-arak Desa Telukan Kecamatan Grogol Sukoharjo, sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemkab Sukoharjo, Minggu (12/1/2020), menuturkan, bagi warga keberadaan EWS sangat penting. Karena kalau alarm berbunyi berarti air tandanya sudah naik dan warga akan mengungsi.

 

Menurut dia, EWS dulu sempat rusak. Ketika air naik ternyata sirenenya tidak berbunyi. Beruntung waktu itu ada warga yang ronda dan melihat lampunya sudah menyala kuning. Setelah itu diberitahukan ke warga lain dan langsung mengungsi. Aria

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement