Sabtu 11 Jan 2020 03:37 WIB

Warga Bantaran Sungai OKU Diminta Waspada Banjir

Ogan Komering Ulu (OKU) Timur diminta waspada banjir karena tingginya curah hujan.

Warga Bantaran Sungai OKU Diminta Waspada Banjir.
Foto: Republika/Prayogi
Warga Bantaran Sungai OKU Diminta Waspada Banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan mengimbau warga, khususnya yang tinggal di bantaran sungai waspada bencana banjir.

Kepala BPBD OKU Timur Habibullah memperingatkan seluruh masyarakat di wilayah itu selalu waspada bencana banjir mengingat tingginya curah hujan. Naiknya debit air Sungai Komering dalam beberapa hari terakhir sangat berpotensi terjadinya bencana alam.

Baca Juga

"Khususnya bagi penduduk yang bermukim di bantaran sungai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan karena bencana banjir dapat terjadi kapan saja," katanya, Jumat (10/1).

Menurut dia, hingga saat ini belum menerima laporan adanya bencana banjir yang melanda permukiman dan lahan persawahan dan perkebunan warga di wilayah itu. "Namun kami tetap mengingatkan dan meminta kepada masyarakat untuk waspada, terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai," katanya.

Sebagai bentuk kewaspadaan terjadinya bencana alam, dia terus melakukan koordinasi dengan Irigasi Kabupaten OKU Selatan dan Irigasi Upper Komering guna memantau ketinggian debit air sungai untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Selain itu, ia juga melakukan koordinasi dengan seluruh camat, terutama di daerah yang rawan terdampak bencana banjir agar dapat dilakukan tindakan cepat jika terjadi bencana alam.

"Karena penanganan yang cepat diharapkan dapat mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana alam," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement