Sabtu 11 Jan 2020 03:17 WIB

Curah Hujan Meningkat, Warga Diajak Cegah DBD

Warga diminta menjaga kebersihan untuk mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)
Foto: Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Dede Nurhasanudin/ayopurwakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Curah hujan yang semakin meningkat tak hanya diantisipasi soal bencana alam, tetapi juga meningkatnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). Hal ini disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang mengajak warganya mencegah penyebaran DBD. Warga dimintanya menjaga kebersihan untuk mencegah berkembangnya nyamuk aedes aegypti.

“Mari galakkan lagi bebersih dan tingkatkan pola hidup bersih dan sehat. Pencegahan DBD tak cukup hanya fogging, sebab tak bisa membunuh sampai jentik," kata Anne di Purwakarta, Kamis (9/1).

Menurutnya peran masyarakat sangat berpengaruh pada penyebaran DBD ini. Dengan ikut aktif menjaga lingkungannya dan menerapkan pola 3M plus maka penyakit DBD ini bisa sama-sama ditekan. Ia mengimbau masyarakat untuk waspada penyakit DBD di musim hujan ini.

"Perlu upaya efektif cegah penyebaran DBD, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan meningkatkan pola bersih dan sehat," tuturnya.

Pencegahan berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti di antaranya dengan menutup tempat-tempat penampungan air, menguras bak mandi, hingga mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya nyamuk. Selain itu masyarakat juga bisa mencegah dengan rutin menggunakan lotion anti nyamuk hingga menaman tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement