Jumat 10 Jan 2020 19:14 WIB

Warga Depok Diimbau Aktif Tanam Pohon

Imbauan itu disampaikan Kepala DLHK dalam rangka Hari Gerakan Sejuta Pohon.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Seniman yang tergabung dalam Aliansi Seniman Rudet Bandung (ASET BANDUNG) melakukan aksi selamatkan bumi dalam rangka hari gerakan sejuta pohon.
Foto: Abdan Syakura_Republika
Seniman yang tergabung dalam Aliansi Seniman Rudet Bandung (ASET BANDUNG) melakukan aksi selamatkan bumi dalam rangka hari gerakan sejuta pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengimbau masyarakat mengenai pentingnya melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan aktif melakukan penanaman pohon. Anjuran ini dalam rangka Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati setiap 10 Januari.

"Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertumbuhan manusia. Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia,” ujar Etty di Balai Kota, Jumat (10/1).

Baca Juga

Menurut Etty, banyaknya permintaan penebangan pohon dari warga, membuat pihaknya mewajibkan masyarakat untuk mengganti pohon yang ditebang dengan menanam bibit kembali. Hal tersebut dimaksudkan agar penghijauan kota dapat tetap terjaga.

"Banyak permintaan untuk melakukan penebangan, khususnya saat musim hujan dan angin kencang, seperti saat ini. Namun, penebangan pohon masih kita pertimbangkan, jika masih bisa dipangkas, maka kami rampingkan saja," jelasnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk menyayangi pohon dengan cara tidak memaku. Sebab, bisa mengakibatkan pohon rapuh dan rawan tumbang. "Pohon jangan dipaku untuk iklan atau informasi apapun, karena itu bisa menyakiti dan membuat pohon mudah rapuh," kata Etty. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement