Rabu 08 Jan 2020 04:35 WIB

KM Lamima Surabaya Tabrak Terumbu Karang Raja Ampat

KM Lamima Surabaya kandas setelah menabrak terumbu karang Raja Ampat.

Raja Ampat, Papua Barat. KM Lamima Surabaya kandas setelah menabrak terumbu karang Raja Ampat, Jumat (3/1).
Foto: Republika/Prayogi
Raja Ampat, Papua Barat. KM Lamima Surabaya kandas setelah menabrak terumbu karang Raja Ampat, Jumat (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- KM Lamima Surabaya dilaporkan menabrak terumbu karang di perairan kawasan Pulau Banos Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kapal pesiar berbendera Indonesia yang membawa wisatawan asing itu diduga pula tidak membayar retribusi masuk destinasi wisata kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.

Kepala Distrik Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Samsul Rumasukun, saat dihubungi dari Sorong, Selasa, mengungkapkan bahwa KM Lamima Surabaya kandas di terumbu karang perairan laut Pulau Banos dan Lenmakana Misool pada Jumat (3/1). Hanya saja, kabar tersebut tidak banyak diketahui publik.

Baca Juga

Samsul mengatakan bahwa kapal tersebut telah melanjutkan perjalanannya untuk membawa wisatawan. Akan tetapi, insiden tersebut dalam penanganan pihak kepolisian Polres Raja Ampat.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah UPTD Destinasi Wisata pada Dinas Pariwista Raja Ampat, Adrianus Kaiba, yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa setiap kunjungan wisatawan di Raja Ampat wajib membayar retribusi masuk destinasi wisata. Menurut dia, KM Lamima Surabaya yang dilaporkan kandas di destinasi wisata Pulau Banos dan Lemakana Misool sejauh ini belum membayar retribusi masuk destinasi wisata.

"Kami berharap semua pelaku usaha pariwisata agar menaati aturan yang ada, terutama membayar retribusi masuk destinasi wisata," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement