Selasa 07 Jan 2020 19:11 WIB

Menpan RB akan Cek Instansi yang tak Buka Pendaftaran CPNS

Kepala Humas BKN sebut baru 5 instansi yang sudah lengkapi formasi pendaftaran CPNS

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (22/11).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan akan mengecek instansi yang tidak jadi membuka pendaftaran CPNS. Ia pun mengaku akan berkoordinasi dengan deputi dibawahnya untuk memeriksa kondisi di seluruh daerah.

Sebelumnya saat pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka, ada tujuh instansi yang belum melengkapi formasinya. Namun, mendekati penutupan pendaftaran CPNS lima instansi sudah melengkapi formasinya sedangkan sisanya yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem tidak jadi membuka pendaftaran CPNS.

"Saya teruskan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang melaksanakan tes CPNS. Nanti juga saya koordinasi dengan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB untuk cek semua daerah,” kata  saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (27/11).

Kemudian, Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan hanya lima instansi yang sudah melengkapi formasi pendaftaran CPNS yaitu Kementerian Riset, Teknologi, dan Badan Riset Inovasi (Kemenristek), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pemkab Kapuas.

“Sekarang beberapa instansi sudah mengumumkan formasinya. Kemarin kan tujuh yang belum melengkapi formasinya. Lima sudah tetapi dua instansi yaitu Pemkot Bontang dan Pemkab Karangasem tidak jadi membuka pendaftaran. Jadi, formasi dikembalikan. Silahkan cek ke Kemenpan RB,” kata dia.

Sebelumnya diketahui, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Andi Rahadian, menyebut terdapat beberapa kementerian yang belum melengkapi formasinya untuk pendaftaran CPNS 2019.

"Mengenai formasi tergantung kesiapan kementerian masing-masing untuk menyampaikan formasinya ke kami melalui aplikasi e-formasi. Tergantung masing-masing pusat maupun daerah," katanya kepada wartawan di Kemenpan-RB, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Andi mengakui memang pendaftaran CPNS 2019 dimulai pada 11 November 2019. Namun, beberapa kementerian belum siap. Ia tidak menjelaskan secara lengkap kementerian mana saja yang belum siap dan melengkapi formasinya. "Salah satunya Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selebihnya saya lihat data dulu ya," kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Humas BKN, Paryono, mengatakan, terdapat tujuh instansi yang belum melengkapi formasinya. Ia mengimbau agar semua instansi segera menyelesaikannya dalam waktu dekat ini. "Ada tujuh instansi, yaitu Kemenristek, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemendikbud, BPK, Pemkab Karangasem, Pemkab Kapuas, Pemkot Bontang. Harus segera itu mereka semua," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement