Ahad 05 Jan 2020 23:59 WIB

Bima Arya: Kajian Bogor Raya sudah Selesai

Bima Arya meyakini kalaupun terealisasi, Bogor Raya takkan di era kepemimpinannya

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat diwawancarai wartawan di IPB International Convention Center (IICC), Kota Bogor.
Foto: Republika/Nugroho Habibi
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat diwawancarai wartawan di IPB International Convention Center (IICC), Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan kajian Bogor Raya yang dilakukan oleh IPB University melalui Pusat Pengkajian Perencanaan Pengembangan Wilayah (P4W) telah selsai dilakukan. Bulan ini, Bima menjanjikan, akan segera menyampaikan hasil kajian tersebut kepada publik.

"Katanya sudah sesali. Saya mau lihat. Nanti, kita akan ekspose hasilnya," kata Bima dikonfirmasi, Ahad (5/1). Bima mengungkapkan, dasar kajian tersebut untuk mengetahui kebutuhan penataan wilayah Bogor dan sekitarnya.

Karena itu, dia meminta IPB University untuk mengkaji kebutuhan tersebut agar memiliki dasar secara ilmiah. "Apakah Kota (Bogor) perlu diperluas, apakah perlu provinsi baru, apakah perlu pindah provinsi, bergabung dengan provinsi lain, bagaimana hubungan dengan Jabodetabek, bagaimana kalo ibu kotanya pindah, pengaruhnya bagi Bogor apa?," tuturnya.

Meskipun demikian, Bima menjelaskan, pengaplikasian tersebut tidak akan terjadi di masa kepemimpinannya. Sebab, realisasi kajian tersebut membutuhkan proses yang cukup panjang."Kalau pun terjadi bukan dimasa saya pastinya, karena itu butuh dukungan politik, dari DPRD Provinsi dan lain-lain," jelasnya.

Bima menuturkan, wacana Bogor Raya telah ada sejak era Bupati Bogor, Rachmat Yasin. Wacana tersebut, lanjut Bima, terus berkembang hingga akhirnya diputuskan untuk membuat kajian.

"Sudah agak lama Bogor Raya. Diteruskan oleh (Bupati Bogor) Bu Ade Yasin juga. Oleh saya, diusulkan udah kita lakukan kajian sama-sama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement