Ahad 05 Jan 2020 23:50 WIB

Emil Salurkan Bantuan Banjir Rp 1 Miliar ke Karawang-Bekasi

Bantuan Rp 1 miliar ke Karawang-Bekasi untuk membantu para korban banjir.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nashih Nashrullah
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil meninjau sejumlah titik banjir yang berada di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor, Kamis, (2/1)
Foto: Dok Istimewa
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil meninjau sejumlah titik banjir yang berada di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor, Kamis, (2/1)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—

 

Baca Juga

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil meninjau kondisi terkini wilayah terdampak banjir di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.  

Menurut Emil, begitu akrab disapa, sebelumnya Pemerintah Provinsi Jabar telah melakukan inspeksi ke beberapa daerah, antara lain Kabupaten Bandung Barat, Kota Depok, Kab Bogor, hingga Kota Bekasi.

"Jadi saya dan Bapak Wagub (Uu Ruzhanul Ulum) berbagi tugas karena wilayahnya luas sekali," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan akhir pekan ini.

Berdasarkan pantauan, kata dia, sekitar 90 persen wilayah terdampak banjir di Kabupaten Bekasi sudah surut sehingga tidak ada lagi warga yang dievakusi ke tempat-tempat pengungsian. Masyarakat pun sudah kembali beraktivitas seperti biasa.

Sementara di Kabupaten Karawang, sejumlah titik banjir di wilayah tersebut juga sudah mulai surut. Namun, Emil mengatakan, masih ada dua desa yang banjirnya masih setinggi pinggang orang dewasa.

"Masih ada dapur umum, tenda evakuasi. Masyarakat diberi kebutuhan cukup oleh Ibu Bupati (Cellica Nurrachadiana)," kata Emil.

Dalam tinjauan kali ini, Emil pun berharap sinergi semua pihak bisa mengurangi dampak bencana di masa depan, termasuk Pemprov Jabar sebagai wakil pemerintah pusat di daerah yang akan terus berupaya mencari solusi.

Emil mencontohkan pembenahan Sungai Citarum dan infrastruktur pendukungnya seperti danau retensi, pengerukan rutin, terowongan air jompong, yang membuat wilayah Citarum saat ini dinilai sudah cukup aman dan terkendali.

Emil berharap, apa yang diterapkan Satgas Citarum Harum bisa diimplementasikan di wilayah sungai lainnya di Jawa Barat. "Strategi Citarum Harum ini bisa di-copy. Mudah-mudahan kita terus memperbaiki dan kebencanaan bisa berkurang di Jawa Barat," kata Emil.

Selain berkoordinasi dengan para bupati/wali kota, Emil pun mengingatkan warga untuk tetap waspada karena musim hujan masih berlangsung. "Musim hujan ini baru mulai, kita harus waspada jangan sampai lengah. Kita doakan mudah- mudahan tidak ada musibah lagi di hari- hari berikutnya," katanya.

Pada kunjungannya kali ini, Emil menyalurkan bantuan kepada Kab Karawang dan Bekasi masing-masing senilai Rp 1 miliar. Bantuan lain yang diberikan di antaranya logistik berupa makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan dasar lainnya.

Emil pun turut mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang telah bergerak langsung menangani musibah banjir. "Sinergi TNI/Polri saya apresiasi, sudah mengerahkan banyak bantuan, juga komunitas terasa gotong royongnya," katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement