Sabtu 04 Jan 2020 19:03 WIB

Lokasi Sekolah Pindah, Siswa SMPN di Solo Diantar Bus Gratis

Siwa SMPN 18 dan SMPN 3 Solo mulai berangkat sekolah diantar Batik Solo Trans.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -- Siwa SMPN 18 dan SMPN 3 Solo mulai berangkat sekolah diantar Batik Solo Trans (BST) gratis per Kamis (2/1/2020) pagi. Hal itu sebagai dampak dimulainya perpindahan kedua sekolah tersebut.

Namun Komisi IV DPRD Solo mendapati proses uji coba pemberangkatan para siswa dengan BST secara gratis tersebut belum berjalan lancar. Sesuai rencana, BST mulai membawa siswa dari SMPN 18 menuju SMPN 3 di Timuran. Sementara, siswa SMPN 3 di Timuran dibawa ke lokasi SMPN 3 baru di Karangasem setiap pagi.

"Namun ternyata belum lancar. Ternyata jumlah armada yang disediakan masih kurang. Terjadi perbedaan antara data siswa yang menggunakan armada umum," ujar Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, Jumat (3/1/2020).

Putut menambahkan, masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki setelah dua hari pelaksanaan uji coba di dua sekolah tersebut. "Salah satunya adalah kurangnya armada batik solo trans (BST),'' kata Putut.

''Uji coba pertama pemkot menggunakan empat unit BST. Kalau menggunakan BST memang besar, tapi jumlahnya kurang. Terlihat masih berebutan,” paparnya.

Kendati demikian, Putut menekankan hal itu tidak bisa menjadi patokan. Pasalnya, ke depan pemkot bakal menggunakan 20 unit feeder BST dimana saat ini armada tersebut masih dalam proses administrasi dengan pihak ketiga.

"Masalah lainnya adalah terkait pendataan. Perlu dibenahi, ketidakjelasan pendataan ini sehingga antara armada yang disediakan dengan antrean siswa yang mau ikut tidak seimbang,” katanya.

Putut menekankan, pendataan harus dilakukan dengan survei kepada seluruh siswa. Masing-masing siswa menentukan apakah datang ke sekolah diantar atau jalan kaki. Jika diantar oleh keluarga berarti tidak menggunakan bus.

“Tapi yang ngisi survey keliru. Ternyata yang diantar, ada yang ingin naik bus. Otomatis tidak terdata sehingga harus dikerahkan armada cadangan,” terangnya. Triawati PP

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement