Rabu 01 Jan 2020 17:42 WIB

Longsor Terjang Sejumlah Titik di Sukabumi

Kejadian tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi dan sekitarnya diguyur hujan deras

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Korban banjir di Sukabumi (ilustrasi)
Foto: Daqu
Korban banjir di Sukabumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menerjang sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi sejak Selasa (31/2) hingga Rabu (1/1). Kejadian tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi dan sekitarnya diguyur hujan deras.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, longsor menerjang jalan Desa Cijengkol, Kampung Lembur Tegal RT 01 RW 03, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, pada Rabu (1/1) sekitar pukul 12.00 WIB. "Longsor menyebabkan jalan desa longsor tertimbun material," ujar Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna.

Baca Juga

Selain itu satu unit rumah tertimpa longsor. Di mana rumah itu ditempati satu kepala keluarga (KK) yang terdiri atas tiga jiwa. Dalam bencana tersebut dilaporkan tidak ada warga yang menjadi korban jiwa. Longsor juga dilaporkan terjadi di Kampung Selagombong Cibodas RT 02 RW 03 Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB.

"Hujan deras yang lama dan lebat mengakibatkan longsornya tebing dengan ketinggian 10 meter sehingga longsor menutupi jalan provinsi," ujar Daeng.

Akses jalan Nyalindung-Sagaranten tertutup dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Kondisi itu disikapi petugas dan masyarakat dengan bersama-sama membantu membersihkan runtuhan longsoran tebing. Sehingga pada Rabu ini informasinya jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan.

Daeng mengatakan, tingginya intensitas hujan harus diwaspadai oleh warga. Khususnya di daerah yang rawan bencana baik longsor dan banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement