Selasa 31 Dec 2019 15:28 WIB

Malam Tahun Baru, Transjakarta Beroperasi 24 Jam

Amari Transjakarta akan beroperasi dengan interval kedatangan bus sekitar 15 menit.

Rep: Mimi Kartika / Red: Ratna Puspita
Bus Transjakarta. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan busnya selama 24 jam untuk mengangkut masyarakat yang akan berpergian menjelang pergantian tahun baru 2020.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Bus Transjakarta. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan busnya selama 24 jam untuk mengangkut masyarakat yang akan berpergian menjelang pergantian tahun baru 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan busnya selama 24 jam untuk mengangkut masyarakat yang akan berpergian menjelang pergantian tahun baru 2020. Transjakarta menambah jumlah armada hingga 183 unit dan menambahkan waktu operasional di sejumlah koridor dan beberapa rute wisata pada Selasa (31/12).

"Melihat potensi tingkat kepadatan malam hari, penambahan armada dan petugas akan dilakukan khusus untuk layanan angkutan malam hari (AMARI) dan beberapa rute wisata," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Baca Juga

Ia menyebutkan, armada malam hari yang dikerahkan bertambah dari biasanya berjumlah 55 unit yang tersebar di 11 koridor bus rapid transit (BRT). Transjakarta akan beroperasi dengan headway atau interval kedatangan bus sekitar 15 menit.

Jenis bus tambahan yang akan melayani di malam tahun baru nanti adalah 38 Articulated Bus (AB) atau bus gandeng yang akan beroperasi di Koridor 1 Blok M-Kota, Koridor 5 Kampung Melayu-Ancol, Koridor 8 Lebak Bulus-Harmoni, dan Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit. Kemudian 10 bus maxi dan sisanya bus single yang akan disebar di seluruh koridor lainnya. 

Selain itu, lanjut Nadia, penambahan unit armada juga dilakukan untuk melayani rute khusus wisata yang sebelumnya tidak melayani di malam hari. Di antaranya rute wisata 5H Harmoni-Ancol) dan 2C Balaikota-Jiexpo, khusus tanggal 31 Desember yang akan dioperasikan selama 24 jam.

Tak hanya itu, rute pengumpan khusus MRT S12 BSD Giant-Stasuin MRT Fatmawati dan S31 Bintaro Exchange-Stasiun MRT Fatmawati melayani sampai pukul 03.00 dini hari dengan delapan unit Royaltrans. Demikian juga rute 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika yang disediakan lima unit armada. 

Transjakarta juga melakukan rencana pola operasi dan persiapan sterilisasi serta operasional jalur pada saat menjelang pergantian tahun ini. Transjakarta juga sudah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas secara situasional mengingat rencana penutupan jalan di sejumlah ruas.

"Bahkan malam ini direksi dan manajemen akan piket di beberapa lokasi tempat perayaan malam tahun baru di berbagai wilayah DKI untuk mengawal kelancaran layanan antar jemput warga yang ingin wira-wiri bersama keluarga merayakan malam tahun baru," lanjut Nadia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement