Senin 30 Dec 2019 22:42 WIB

2020, Kemenkes Masih Fokus Tangani Empat Masalah Kesehatan

Empat isu, yakni BPJS Kesehatan, stunting, angka kematian ibu, angka kematian bayi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ratna Puspita
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih akan fokus pada empat isu masalah kesehatan pada 2020. Empat isu itu, yakni persoalan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, stunting (balita bertubuh pendek), angka kematian ibu, angka kematian bayi

"Tetap itu saja tidak berubah, visi misi dijalankan," ujar menteri kesehatan (menkes) Terawan Agus Putranto, di Jakarta, baru-baru ini. 

Baca Juga

Masalah kesehatan lainnya, yaitu harga obat dan alat kesehatan (alkes) yang tinggi serta rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Fokus isu ini, dia melanjutkan, merupakan amanat Presiden Joko Widodo selama periode ia menjabat, yakni 2019 hingga 2024. 

Ia menjelaskan presiden menyampaikan visi misi itu kepadanya saat memberikan mandat sebagai menkes. "(Resolusi 2020) mengikuti visi dan misi bapak presiden," ujarnya.

Terkait prediksi penyakit di 2020, Terawan memilih berharap tidak ada penyakit yang diderita masyarakat Indonesia. "Kalau perkiraan (penyakit di 2020), ya, jangan ada penyakit," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement