Ahad 29 Dec 2019 23:14 WIB

Belitung Mulai Terapkan PJU 'Lampu Pintar'

Lampu Pintar tersebut bisa dikendalikan melalui komputer atau ponsel.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memasang 120 lampu pintar untuk penerangan jalan umum (Ilustrasi PJU)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memasang 120 lampu pintar untuk penerangan jalan umum (Ilustrasi PJU)

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memasang 120 lampu pintar untuk penerangan jalan umum. Lampu-lampu LED pintar tersebut, bisa dikontrol oleh petugas dari ruang kendali atau telepon genggam.

"Sebanyak 120 lampu dipasang di 60 tiang atau setiap tiang ada dua lampu, lampu ini bisa dikendalikan dari komputer bahkan telepon genggam," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, M Ubaidillah di Tanjung Pandan, Ahad (29/12).

Baca Juga

Penggunaan lampu penerangan jalan umum (PJU) berteknologi baru tersebut, menurut dia, memungkinkan pengaturan keterangan cahaya lampu. Kemudian, bisa melakukan pendataan penggunaan daya listrik.

"Kalau ada satu titik lampunya dalam keadaan rusak, putus atau terbakar maka sistem juga dapat mengetahui titiknya," kata Ubaidillah.

Ia menambahkan, tahun 2020 Pemerintah Kabupaten berencana memasang 500 lampu PJU pintar hingga ke wilayah perdesaan. Beberapa titik menjadi prioritas untuk dipasangi lampu pitar tersebut.

"Kami meminta desa untuk mulai melakukan inventarisasi titik-titik yang betul-betul prioritas untuk dipasangi lampu PJU ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement