Sabtu 28 Dec 2019 07:08 WIB

Dishub Imbau Wisatawan tak Bawa Mobil ke Sabang

Dishub imbau masyarakat tak bawa mobil ke Sabang karena sulitkan penyeberangan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Kapal Motor Express Bahari bersiap berlayar menuju Pulau Sabang. Dishub imbau masyarakat tak bawa mobil ke Sabang karena sulitkan penyeberangan saat tahun baru. Ilustrasi.
Foto: Antara/Ampelsa
Kapal Motor Express Bahari bersiap berlayar menuju Pulau Sabang. Dishub imbau masyarakat tak bawa mobil ke Sabang karena sulitkan penyeberangan saat tahun baru. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh mengimbau wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh, Kota Sabang, tidak membawa mobil. Imbauan ini diterbitkan karena mobil akan merepotkan saat penyeberangan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh Muzakkir Tuloet di Banda Aceh, Jumat (27/12), menyebutkan pelayaran kapal penyeberangan saat libur tahun baru nanti diperkirakan membludak. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, penumpang ke Sabang membludak sehingga pelayaran kapal penyeberangan ditambah," kata Muzakkir.

Baca Juga

Karena itu wisatawan disarankan untuk tidak membawa kendaraan bermotor, khususnya mobil ke Sabang sebab akan merepotkan saat masuk kapal. "Kapal yang mengangkut kendaraan hanya dua. Jadi, kalau tidak dapat trip terpaksa menunggu lagi. Jadi kami sarankan parkirkan kendaraan di Pelabuhan Ulee Lheue," jelasnya.

Untuk transportasi selama di Sabang, wisatawan bisa menyewa kendaraan di pulau tersebut. Memanfaatkan penyewaan kendaraan sekaligus juga membantu perekonomian masyarakat Sabang.

Sebelumnya, banyak wisatawan luar Aceh yang membawa mobil dan menyeberangkan kendaraannya ke Sabang. Waktu kembali, mereka tertahan di pelabuhan karena kendaraan mereka belum bisa kembali.

Muzakkir menyarankan wisatawan memarkirkan kendaraannya di Pelabuhan Ulee Lheue. Lahan parkir di pelabuhan itu cukup luas dan keamanannya juga terjamin.

"Saran ini kami sampaikan agar wisatawan merasa nyaman berlibur di Sabang, tidak direpotkan dengan persoalan naik turun mobil di kapal," kata Muzakkir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement