Sabtu 28 Dec 2019 15:03 WIB

9 Objek Wisata Tasikmalaya yang Seru Dikunjungi di Akhir Tahun

Tasikmalaya mempunyai segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Tasikmalaya mempunyai segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi saat liburan tahun baru. Berbagai wisata bisa dinikmati bersama keluarga mulai dari wisata alam, wisata pantai hingga wisata religi.

Berikut Ayotasik.com sajikan beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga menghabiskan waktu di libur akhir tahun.

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama keluarga. Di taman seluas 32 hektare ini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana berkonsep wisata alam, edukasi, dan atraksi.

Situ Gede

Objek Wisata Siu Gede yang berada di Kelurahan Linggjaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, menjadi salah satu tujuan wisata keluarga saat libur panjang. Ribuan warga baik dari Tasikmalaya maupun daerah di Jawa Barat biasanya berkunjung untuk sekadar meningkmati suasana tenang dan kesejukan area Situ Gede

Situ Gede, merupakan salah satu objek wisata andalan Kota Tasikmalaya yang memiliki luas 47 hektare. Dengan tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang, warga bisa menikmati berbagai fasilitas di antaranya wisata kuliner bakar ikan dan wahana air yakni penyewaan perahu

Objek Wisata Galunggung

Objek Wisata yang berada di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, ini masih menjadi primadona wisata masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. selain bisa menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati hangatnya air untuk refleksi dan relaksasi.

Selain itu, di objek wisata Galunggung pengunjung bisa melihat bukti kedahsyatan letusan Galunggung pada 1982 yakni kawah galunggung

Curug Batu Blek Hanoman

Curug atau air terjun yang tak kalah indahnya yakni curug batu blek hanoman yang berada di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Keunikan curug batu blek ini yakni dua buah curug berdampingan yang berasal dari dua aliran sungai yang berbeda.

Dengan tiket Rp6.500 per orang, pengunjung bisa menikmati keindahan dan keunikan curug batu blek. Pengunjung juga bisa bermain air yang jernih dan berwarna kehijauan. Tiap akhir pekan, curug ini selalu dibanjiri oleh para pengunjung

Jembatan Cirahong

Siapa yang tidak mengenal Jembatan Cirahong. Jembatan yang berfungsi sebagai rel kereta api ini berada di Desa Margaluyu, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Jembatan ini dibangun pada 1893 oleh Pemerintah Belanda dengan panjang 202 meter dengan tinggi 66 meter di atas aliran Sungai Citanduy.

Jembatan Cirahong berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Uniknya, bukan karena sebagai jalur kereta api. Jembatan Cirahong juga berfungsi sebagai jalur kendaraan. Namun karena sempitnya ruas jembatan, kendaraan harus bergiliran untuk melewati jembatan.

Saat melewati jembatan Cirahong, pengendara harus berhati-hati karena hanya beralasakan bantalan kayu. Bantalan kayu membentang sebagai alas ban kendaraan. Secara bergeliran, kendaraan seolah melewati lorong yang sangat panjan

Wisata Batu Mampar

Wisata Batu Mahpar di Desa Sukamulih, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, terus melakukan pembenahan untuk menarik pengunjung. Berbagai wahana dibuat untuk memanjakan para pengunjung. Selain kolam renang, pengelola juga membuka wahana outbond, wahana selfie, wisata curug, dan wahana gambar 3D.

Selain menikmati suasana pegunungan dan berbagai permainan, wisata batu mampar juga menyuguhkan wisata sejarah yakni hamparan lahar letusan Galunggung yang sudah mambatu. Tidak sedikit masyarakat berswafoto di lokasi batu tersebut karena bentuknya yang unik.

Puncak Pelita

Menikmati keindahan alam dan hamparan wilayah Tasikmalaya bukan hanya bisa dilakukan di Objek wisata Galunggung, namun juga bisa dilakukan di Puncak Pelita yang berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan, di puncak pelita bisa menikmati samba berenang di kolam yang persis menghadap hamparan wilayah Tasikmalaya.

Hamparan wilayah Tasikmalaya berupa area persawahan, perkebunan dan pemukiman bisa dilihat dengan jelas dari atas puncak pelita. Tidak hanya itu, angin sepoi-sepoi dan udara khas pegunungan akan kita rasakan ketika berada di Puncak Pelita.

Berbagai fasiitas disediakan di puncak pelita, seperti warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Selain itu bagi yang hobi selfie, disediakan beberapa spot yang unik dan cantik untuk diabadikan bidikan kamera seperti reflika perahu yang terbuat dari bamboo yang menjorok ke tebing.

Tonjong Canyon

Objek wisata yang dianggap menyerupai green canyon di Kabupaten Pangandaran ini berada di Desa Nagrog, Kecamatan CIpatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Namun tonjong canyon memiliki keindahan tersendiri yakni tebing batu berwarna kecoklatan dan air yang berwarna kehijauan yang tenang .

Curug Dendeng

Curug yang berada di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, ini berbeda dengan curug lainnya. Bentuknya sepeti berundak menambah keindahan Curug Dendeng.

Curug ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi. Dengan aliran yang cukup deras dari hulu sungai di Gunung Raja, Curug Dengdeng masih cukup aman untuk Anda yang ingin bermain di alirannya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement