Kamis 26 Dec 2019 04:05 WIB

Hiswana Migas Banyumas Siapkan Satgas Mobile

Satgas bertugas melakukan pengadaan BBM jika terjadi kekosongan stok di SPBU.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
 Pertamina dan Hiswana Migas Banyumas menyiapkan Satgas Mobile. Foto: Petugas memegang keran pompa bensin jenis Pertalite di SPBU. ilustrasi (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pertamina dan Hiswana Migas Banyumas menyiapkan Satgas Mobile. Foto: Petugas memegang keran pompa bensin jenis Pertalite di SPBU. ilustrasi (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Antisipasi Pertamina dan Hiswana Migas Banyumas untuk mengatasi kebutuhan BBM masyarakat, tak hanya dilakukan dengan membuat kantong BBM di sejumlah titik. Namun juga dengan menyiapkan Satgas Mobile.

''Satgas ini bertugas melakukan pelayanan pengadaan BBM secara cepat, bila terjadi kekosongan stok BBM di salah satu SPBU akibat kemacetan lalu lintas,'' jelas Wakil Ketua Bidang Transportasi BBM Hiswana Migas Banyumas, Kaswari, Selasa (25/12).

Baca Juga

Lebih dari itu, Satgas Mobile juga bertugas melakukan pelayanan ketersediaan BBM secara cepat bila terjadi bencana di jalur utama. ''Dengan demikian, meski terjadi bencana, ketersediaan BBM tetap akan terjamin,'' katanya.

Satgas Mobile pelayanan BBM ini, menurutnya, berupa tim ini berupa tim yang memiliki peralatan berupa mobil kecil dan sepeda motor yang bisa memuat BBM. Dengan kendaraan kecil, maka pasokan BBM bisa tetap dilakukan meski terjadi situasi darurat.

''Namun karena sifatnya darurat, maka pasokannya pun hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan yang kendaraannya kehabisan BBM,'' katanya.

Dari pengamatan di sejumlah ruas jalur utama, kepadatan lalu lintas di wilayah Kabupaten Banyumas, sejak empat hari lalu mulai mengalami peningkatan. Kepadatan terutama terjadi di ruas-ruas jalan utama wilayah pinggiran Kota Purwokerto, antara lain di jalur lintas selatan Wangon-Tambak, Rawalo Purwokerto, Ajibarang-Tegal, dan juga jalur tengah Banyumas-Banjarnegara.

Di beberapa lokasi, memang sempat terjadi kemacetan. Seperti di ruas jalan antara Rawalo-Purwokerto, yang kemacetan kerap terjadi wilayah Patikraja. Namun sejauh ini, tidak terjadi kemacetan parah, karena beberapa saat kemacetan akan kembali terurai.

Demikian juga di ruas jalur tengah Banyumas-Banjarnegara, kemacetan terjadi hanya di titik-titik persimpangan jalan. Kendaraan harus mengantri lebih  lama, agar bisa melalui persimpangan.

Sedangkan untuk kondisi ruas jalan di wilayah Purwokerto, kondisi lalu lintas justru cenderung lengang. Termasuk kondisi supermaret dan mall, kondisi pengunjung justru tidak terlalu banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement