Selasa 24 Dec 2019 17:02 WIB

400 Personel Jaga Keamanan Malam Natal di Tasikmalaya

Aparat gabungan telah melakukan pengecekan atau sterilisasi di sejumlah gereja

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Pengamanan Jelang Nataru.
Foto: Republika/ Wihdan
Pengamanan Jelang Nataru.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan aparat gabungan dari kepolisian, TNI, dan Polisi Pamong Praja (Pol PP), disiagakan jelang perayaan Natal 2019 di Kota Tasikmalaya. Mereka ditugaskan menjamin keamanan dan keselamatan umat Nasrani yang hendak melaksanakan peribadatan saat malam Natal pada Selasa (24/12).

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan atau sterilisasi di sejumlah gereja yang akan digunakan untuk peribadatan pada Selasa malam. Pengecekan dilakukan untuk memastikan keadaan di gereja telah kondusif dan siap digunakan.

"Dalam rangka pengamanan natal, hari ini kita laksanakan sterilisasi di gereja-gereja di Tasikmalaua kota, yang nantinya akan digunakan untuk peribadatan. Peribadatan di gereja akan dilakukan saudara kita umat Nasrani mulai malam hingga 26 Desember nanti," kata dia, Selasa.

Ia menyebutkan, setidaknya terdapat enam gereja di Kota Tasikmalaya. Pengecekan dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi logam (metal detector) di sejumlah tempat di dalam dan sekitar gereja.

Sementara pada saat peribadatan Selasa malam, sejumlah personel juga akan ditempatkan di sekitar gereja yang diangap vital. Anom mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk memastikan keamanan gereja agar umat Nasrani tenang dalam beribadah.

Dalam pengamanan perayaan Natal 2019, Polres Tasikmalaya Kota juga dibantu oleh Satuan Brimob Polda Jawa Barat. Selain itu, ada pula bantuan tenaga pengamanan dari TNI dan Pol PP.

"Kita libatkan 400 personel. Di setiap tempat di gereja kita juga tempatkan personel yang nantinya akan mem-back-up pengamanan,' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement