Selasa 24 Dec 2019 11:22 WIB

Libur Akhir Tahun, Ada Bus Gratis ke Ragunan

Bus gratis dioperasikan Transjakarta dengan rute Warung Jati Barat-Ragunan.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Nora Azizah
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan Metrotrans GR3 rute SMK 57 Warung Jati Barat ke Taman Margasatwa Ragunan (PP) mulai Selasa (24/12) sampai Kamis (2/1) mendatang secara gratis
Foto: Republika/Iman Firmansyah
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan Metrotrans GR3 rute SMK 57 Warung Jati Barat ke Taman Margasatwa Ragunan (PP) mulai Selasa (24/12) sampai Kamis (2/1) mendatang secara gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan Metrotrans GR3 rute SMK 57 Warung Jati Barat ke Taman Margasatwa Ragunan (PP) mulai Selasa (24/12) sampai Kamis (2/1) mendatang secara gratis. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang akan menuju Ragunan di musim liburan ini.

"Dengan interval setiap 15 menit untuk melayani keluarga DKI dan Jabodetabek yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga pada musim liburan Natal dan Tahun Baru dengan mengunjungi Ragunan," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo, Selasa (24/12).

Baca Juga

Ia mengatakan, PT Transjakarta berupaya membantu menyediakan transportasi umum bagi masyarakat yang akan rekreasi di Ragunan tanpa membawa kendaraan pribadi. Sehingga, masyarakat yang berlibur juga tidak menimbulkan kemacetan karena ramainya kendaraan yang akan masuk Ragunan.

Ia menjelaskan, Transjakarta menyiapkan tiga unit Metrotrans yang mengantarkan dan menjemput warga dari Ragunan ke SMK 57. Shuttle ini dioperasikan pada pukul 09.00-17.00 WIB setiap harinya selama satu pekan ke depan.

"Biasanya Ragunan pada musim liburan penuh dengan kendaraan pribadi sehingga kepadatan kendaraan menimbulkan kemacetan," kata Nadia.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat beralih menggunakan transportasi umum daripada membawa kendaraan pribadi. Ia mengatakan, beberapa rute Transjakarta dari setiap sudut Jakarta yang berbatasan dengan daerah lain pun tetap dioperasikan menuju Ragunan.

Warga dapat menaiki Transjakarta rute 13D Puribeta-Ragunan, rute 4H Pulogadung-Ragunan, rute 6F Manggarai-Ragunan, dan rute 6R Ragunan-MRT Fatmawati. Akan tetapi, armada tersebut tetap berbayar seperti biasa yakni Rp 3.5pp yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Selain itu, Nadia menyarankan bagi warga yang datang dari pusat kota ingin mengajak keluarga merasakan integrasi antar moda dapat meninggalkan kendaraan pribadi di area parkir sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan MRT sampai stasiun Fatmawati, lalu naik Transjakarta rute 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

"Masa liburan sekolah dan keluarga tahun ini warga dapat mulai meninggalkan kendaraan pribadi dirumah dan menggunakan transportasi integrasi antar moda yang tersedia di Jakarta," tutur Nadia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement