Senin 23 Dec 2019 12:14 WIB

Emil Tawarkan Pantai Jabar Jadi Tempat Budi Daya Lobster

Ridwan Kamil atau Emil tawarkan pantai selatan Jabar jadi tempat budidaya lobster

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Christiyaningsih
Ridwan Kamil atau Emil tawarkan pantai selatan Jabar jadi tempat budidaya lobster. Ilustrasi.
Foto: dok. KKP
Ridwan Kamil atau Emil tawarkan pantai selatan Jabar jadi tempat budidaya lobster. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menawarkan pantai selatan Jawa Barat (Jabar) untuk dijadikan sebagai lokasi budidaya lobster oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Karena, saat ini kementerian ini tengah memetakan dan mencari lokasi budidaya lobster di Tanah Air.

"Kalau boleh saya mengusulkan, pantai selatan Jawa Barat. Bisa Pangandaran, bisa Pelabuhan Ratu, bisa Garut selatan. Saya kalau itu ada, kami tawarkan kepada Menteri di situ saja," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Senin (23/12).

Baca Juga

Emil mencontohkan, di Pangandaran kawasan ini cocok untuk budidaya lobster. Lobster membutuhkan tempat yang nyaman untuk tumbuh besar.

"Pangandaran, kan lobster butuh suhu pas, butuh ekosistem yang nyaman. Nyamannya di Pangandaran yang garis pantainya masih luas," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah berupaya agar benih lobster dapat dibudidayakan di dalam negeri. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengaku banyak daerah yang berpotensi untuk mengembangkan benur tersebut di Indonesia.

Untuk membesarkan benur, menurut Edhy, perlu ada kajian di tempat-tempat tertentu. Edhy mengatakan daerah yang telah melakukan pembesaran benih lobster di antaranya NTB, Sulawesi Tenggara, dan Lampung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement