Sabtu 21 Dec 2019 07:21 WIB

Hujan Deras Melanda Kota Tasikmalaya, 10 Rumah Rusak

Hujan deras melanda Tasimalaya Jumat (20/12).

Rep: Bayu Adji P / Red: Nashih Nashrullah
Foto udara permukiman warga yang berada di sempadan Sungai Cimulu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Foto udara permukiman warga yang berada di sempadan Sungai Cimulu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi di Kota Tasikmalaya, Jumat (20/12) sore, mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mendata, setidaknya 10 rumah warga mengalami rusak ringan hingga rusak sedang.   

Baca Juga

"Kebanyakan atap rumah beterbangan," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman, Jumat malam.   

Selain menyapu atap rumah warga, lanjut dia, angin kencang juga membuat satu rumah rusak pada bagian dinding. Dinding rumah itu mengalami kerusakan berupa retak-retak. 

Harisman menduga, hal itu disebabkan konstruksi bangunan tak begitu kuat menahan angin kencang yang terjadi.   

Meski begitu, rumah warga yang mengalami kerusakan umumnya masih dapat ditempati. BPBD juga telah memberikan bantuan terpal, sehingga air hujan tak masuk ke dalam rumah jika hujan kembali terjadi.   

Selain menyebabkan rumah rusak, hujan yang terjadi sekitar 1 jam pada Jumat sore di Kota Tasikmalaya membuat sejumlah pohon roboh. Setidaknya terdapat tiga pohon tumbang di wilayah Kecamatan Indihiang.   

Kendati demikian, petugas BPBD Kota Tasikmalaya langsung melakukan penanganan. Dengan begitu, lalu lintas kendaraan yang terdampak pohon tumbang dapat kembali normal.   

Hingga saat ini, BPBD belum menerima laporan adanya korban akibat bencana yang terjadi pada Jumat sore. "Tapi masih kita terus melakukan pengecekan," kata dia.   

Harisman mengatakan, intensitas hujan pada Desember masih akan terus meningkat. Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim di Kota Tasikmakaya akan terjadi pada Desember dan akan meningkat pada Februari 2020.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement