Kamis 19 Dec 2019 15:06 WIB

7 Menit Sekali Kereta akan Lintasi Cirebon Saat Libur Nataru

KAI Daop Cirebon mengoperasikan 26 kereta tambahan.

Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon menyatakan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020, ada 194 kereta yang akan melintas per hari. Kereta akan melintas setiap tujuh menit sekali. Para pengguna jalan harus meningkatkan kewaspadaan.

"Pada libur Natal dan Tahun Baru kereta yang melintas di Daop 3 Cirebon ada 194 KA per hari dan rata-rata 7 menit sekali," kata Vice PresidentKAIDaop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi, Kamis (19/12).

Baca Juga

Tamsil mengatakan untuk kereta reguler yang melintas di Daop 3 Cirebon pada Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 yang berlaku sejak 1 Desember 2019 per harinya ada 168 kereta per hari atau kira-kira sekitar 8,5 menit sekali. Kemudian pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru kata Tamsil, ada 26 kereta tambahan yang akan melintas di Daop 3 Cirebon, maka dipastikan semakin menambah frekuensi lalu lintas kereta.

Untuk itu lanjut Tamsil, perlu adanya kewaspadaan bagi para pengguna jalan terutama yang melintas di atas rel kereta api, karena akan semakin padat. "Pengguna jalan yang melintas di perlintasan sebidang perlu waspada, karena perjalanan semakin padat," ujarnya.

Tamsil menambahkan di Daop 3 Cirebon ada 176 perlintasan sebidang baik yang resmi maupun tidak resmi dan itu menjadi kewaspadaan tersendiri. Sedangkan perlintasan sebidang yang telah dijaga oleh petugas KAI ada 55 dan ada juga beberapa yang dijaga oleh pemerintah daerah.

"Dengan masih banyaknya perlintasan yang belum dijaga, untuk itu pada masa libur Natal dan Tahun Baru kami menugaskan 174 personel petugas ekstra penjaga perlintasan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement