Kamis 19 Dec 2019 02:50 WIB

Sleman Optimistis Capai Target 10 Juta Kunjungan Wisata

Periode libur sekolah dan Nataru diyakini akan membantu pencapaian target itu.

Wisata lava tour, salah satu yang diminati warga di Jawa maupun dari luar jawa.
Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Wisata lava tour, salah satu yang diminati warga di Jawa maupun dari luar jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih, mengaku masih optimistis target kunjungan Kabupaten Sleman pada 2019 akan tercapai. Target itu tidak lain 10 juta kunjungan wisatawan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data sementara yang masuk ke Dinas Pariwisata, tercatat sudah ada 9,4 kunjungan ke Kabupaten Sleman. Angka didapat dari destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Sleman.

Baca Juga

"Periode libur sekolah dan Nataru diyakini akan membantu pencapaian target tersebut," kata Sudarningsih di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Rabu (18/12).

Dinas Pariwisata sendiri memiliki beberapa kegiatan. Seperti Festival Merapi pada 21-22 Desember 2019, Festival Lampion dan Penjor pada 22 Desember 2019-7 Januari 2020 dan Pentas Akhir Tahun 31 Desember 2019. Festival Merapi dikemas dalam bentuk pertunjukan seni budaya yang diadakan di tiga panggung. Panggung pertama di Tlogoputri menampilkan Jathilan Rampak Buto selama 32 jam nonstop.

Panggung kedua di Halaman Desa Pakembinangun menampilkan Jathilan Turonggo Sekar Giri Anom, pentas tari kreasi baru, band, hadroh, Dagelan Mataram dan Bambangan Cakil serta Ketoprak Sempu.

Sedangkan, panggung ketiga di Lapangan Denggung menampilkan Jatilan Suwito Raharjo, Reog Singobarong, Topeng Ireng Arka Kaweda, Krincing Manis, Barongsai Isakuiki, band-band dan Koes Plusan.

Selanjutnya mulai 22 Desember 2019-7 Januari 2020, ada pula Festival Lampion dan Penjor di Kaliurang bertema pahlawan super. Festival ini akan diikuti 22 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kaliurang.

Untuk pergantian tahun di GOR Kaliurang akan menampilkan Jikustik dan kembang api. Lalu, pada 18-20 Desember, ada Choral Orchestra Folklore Festival III yang digelar UIN Sunan Kalijaga dan UPN Yogyakarta.

Lalu, Sarasehan Desa Wisata Sejarah dan Umbul Donga di Desa Wisata Kelor pada 19 Desember. Serta, gelaran-gelaran pergantian tahun tersendiri yang akan diadakan hotel-hotel di Kabupaten Sleman. "Pada libur nataru kali ini ditargetkan 500 hingga 525 ribu wisatawan akan mengunjungi Kabupaten Sleman," ujar Ning.

Konsentrasi wisatawan pada libur Nataru diperkirakan akan berada di Kaliurang (termasuk Kaliadem) dan di Tebing Breksi. Lalu, Studio Alam Gamplong yang telah jadi magnet baru kunjungan di Kabupaten Sleman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement