Rabu 18 Dec 2019 22:02 WIB

Hujan Deras Sebabkan Longsor di Sukabumi, Satu Rumah Rusak

Longsor terjadi dikarenakan hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor menimpa permukiman warga di Jalan Sukakarya RT 03 RW 12 Kampung Babakan, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Rabu (18/12) sore. Dampaknya satu unit rumah mengalami kerusakan.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.34 WIB. Pada saat itu wilayah Sukabumi diguyur hujan deras.

Baca Juga

"Longsor menyebabkan sebuah unit bangunan permanen dengan luas 4x8 meter persegi rusak,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami, Rabu malam. Bangunan itu berdiri di atas tebing dan sepadan jalan lingkungan tepat di atas kolam ikan

Menurut Zulkarnain, longsor terjadi dikarenakan hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 40-50 juta. Beruntung dalam bencana itu tidak ada korban jiwa.

Laporan bencana ini ungkap Zulkarnain, langsung direspon petugas BPBD dengan mendatangi lokasi kejadian. Penanganan juga dengan melibatkan aparat kelurahan dan Satpol PP.

Zulkarnain mengatakan, tingginya intensitas hujan akhir-akhir ini harus diwaspadai masyarakat. Khususnya di daerah rawan bencana seperti di bawah tebing atau titik rawan lainnnya.

BPBD lanjut Zulkarnain siap siaga menghadapi meningkatnya kasus bencama di musim hujan. Sehingha ketika terjadi bencana maka petugas akan langsung dikerahkan ke lokasi bencana untuk membantu penanganan.

Diakui Zukarnain, pada musim hujan potensi bencana yang terjadi adalah banjir dan longsor serta angin kencang. Oleh karenanya kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi bencana harus ditingkatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement